Orientasi Studi S2 FMIPA

Orientasi Studi S2 FMIPA

Orientasi Studi S2 FMIPA

Jakarta, 3 September 2016

Acara dimulai pada pukul 08:25 WIB bertempat di Gedung Sertifikasi Guru lantai 9. Acara yang dimulai dengan sapaan hangat MC oleh Dr. Afrizal, M. Si. dilanjutkan sambutan oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Suyono, M. Si. Beliau  memberikan sambutan pembukaan acara dan mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah diterima studi S2 FMIPA UNJ setelah melewati berbagai seleksi masuk.

Dalam acara orientasi ini akan ada banyak informasi yang sangat berguna untuk para mahasiswa baru S2 kedepannya. Dengan mengucap basmallah acara pun resmi dibuka. Beliau juga memberikan informasi seputar biaya kuliah di program pasca sarjana ini bahwa tidak ada UKT (Uang Kuliah Tunggal) hanya ada biaya kuliah sebesar Rp 10.000.000,- per semester hingga semester 4 lalu dikenakan biaya wisuda sebesar Rp 1.200.000,-. Untuk yang tidak dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu maka pada semester berikutnya hanya akan dikenakan biaya kuliah 60 persen atau Rp 6.000.000,- per semester hingga semester 8. Biaya kuliah tersebut dikelola untuk kegiatan internal maupun eksternal yang ada untuk para mahasiswanya.

Dengan panduan MC para Kaprodi diundang untuk memperkenalkan diri di panggung acara. Empat Kaprodi pun satu persatu memperkenalkan dirinya yang berasal dari rumpun Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Beberapa dosen yang mengahadiri undangan acara pun turut memperkenalkan diri diatas panggung. Acara kembali dilanjutkan denngan penjelasan singakat seputar kegiatan perkuliahan di tiap rumpun yang ada dan agenda eksternal kampus seperti penelitian atau studi banding.

Program pasca sarjana sendiri telah didirikan pada tahun 2012 karena tuntutan kebutuhan masyarakat ibu kota.  Rumpun fisika telah mendapat akredutasi B sedangkan rumpun lainnya seperti Kimia, Biologi, dan Matematika masih medapat akreditasi C. Harapan Kaprodi dan para dosen yang mengajar di program pasca sarjana ini semua rumpun akan terakreditasi B dalam waktu dekat karena telah memiliki lulusan tiap rumpunnya.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan mahasiswa baru oleh wakil dekan I  FMIPA Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M. Si. Beliau memberikan cukup banyak informasi perihal kegiatan belajar di program pasca sarjana FMIPA juga memperkenalkan staff yang ada didalamnya. kemudian dilanjutkan untuk pengalihan mahasiswa baru S2 FMIPA ke Gedung Dewi Sartika untuk melakukan orientasi lebih mendalam terhadap rumpunnya.

Acara pembukaan orientasi pun ditutup dengan pembacaan do’a oleh Kaprodi pend. Matematika. Seluruh mahasiswa baru pun bergegas meninggalkan ruangan untuk melakukan orientasi lanjutan di gedung berbeda.