PROMOSI DOKTOR S3 FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2016

PROMOSI DOKTOR S3 FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2016

PROMOSI DOKTOR S3 FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2016

 

Promosi Doktor Universitas Negeri Jakarta resmi diselenggarakan pada tanggal Senin, 28 Agustus 2016 bertempat di Aula Perpustakaan lantai 1, Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Acara dimulai pukul 08.00 WIB  s.d. selesai. Sidang Terbuka ini merupakan salah satu sidang yang harus dilalui oleh mahasiswa S3 guna meraih gelar doktor.

Tak terkecuali, dosen FMIPA UNJ yang berhasil meraih gelar doktornya dalam sidang ini. Beliau ialah Dr. Makmuri, M.Si yang mengambil jurusan Teknologi Pendidikan di UNJ.Dr. Makmuri, M.Si  membuktikan bahwa pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran matematika kelas 12 jurusan IPA dengan mengggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer. Hal ini didasarkan pada hasil penelitiannya dengan melakukan uji coba field test. Dimana pada kelas eksperimen, media pembelajaran interaktif meghasilkan perbedaan hasil belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran klasikal. Oleh karena itu, judul disertasi yang diujikan dalam sidang terbuka ini ialah “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 12 Jurusan IPA”.

Dr. Ratnaningsih, M.Si yang saat ini mengajar di jurusan matematika, juga berhasil mendapatkan gelar doktornya. Beliau mengambil jurusan teknologi Pendidikan di UNJ. Judul disertasi yang diajukan ialah “ Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berikir Kritis Matematis Mahasiswa Studi Eksperimen pada Mahasiswa Matematika FMIPA UNJ”. Strategis pembelajaran yang digunakan ialah problem solving dan problem posing yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Strategis pembelajaran tersebut diujikan pada mahasiswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi dan rendah dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini membuktikan bahwa mahasiswa baik dengan kemampuan numeri rendah dan tinggi lebih baik menggunakan strategi pembelajaran problem solving dan problem posing. Mahasiswa yang memiiliki kemampuan numerik tinggi lebih optimal belajar menggunakan strategi pembelajaran problem posing, sedangkan yang memiliki kemampuan numeric rendah lebih optimal dengan problem solving.

Selain Dr. Makmuri, M.Si dan Dr. Ratna Ningsih, M.Si yang meraih gelar doktor di Universitas Negeri Jakarta. Dosen-dosen FMIPA UNJ lain yang menyelesaikan S3 dan berhasil meraih gelar doktor diantaranya Dr.Anggara Budi Susilo, M.Si, yang mengambil jurusan Fisika Material di Universitas Indonesia; Dr. Elsa Lisanti, M.Si, jurusan Biologi Reproduksi di Institut Pertanian Bogor;  Dr.Tri Handayani, M.Si, jurusan Mikrobiologi Lingkungan di Institut Pertanian Bogor.

Seluruh civitas akademis FMIPA UNJ mengucapkan selamat atas promosi doktor yang sudah diraih. Semoga bapak/ibu menjadi dosen yang mampu memberikan suri tauladan bagi mahasiswanya.Kedepannya, kami selalu nantikan kontribusi bapak/ibu dalam mengembangkan FMIPA UNJ menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.