Calculus Cup VIII

Calculus Cup VIII

Calculus Cup VIII

 

Sabtu, 10 September 2016
Bertempat di gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta, BEM Prodi Matematika FMIPA UNJ mengadakan babak penyisihan Calculus Cup VIII dengan tema The Kingdom Of Calculus.

Calculus Cup merupakan kompetisi Kalkulus antar mahasiswa se-Nasional yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh BEM Prodi Matematika. Tahun ini merupakan ke-delapan kalinya Calculus Cup diadakan.

Sebanyak 8 regional berhasil dibuka pada tahun ini, diantaranya Jakarta (UNJ), Jawa Tengah (UNS), Jawa Timur (ITS), Bandung (UNPAD), Makassar (UNM), Sumatera Selatan (UNSRI), Sumatera Barat (UNAND), Kalimantan Barat (UNTAN). Total pendaftar Calculus tahun ini sebanyak 105 tim, yang beranganggotakan 3 orang per timnya.

Babak penyisihan dilaksanakan bersamaan di setiap regionalnya. Di regional Jakarta sendiri diikuti oleh 30 tim yang terdiri dari berbagai universitas. Diantaranya adalah UNJ, IPB, UI, UIN Jakarta, STIS, UNINDRA, STMKG, dan UNPAM.

Setelah melakukan presensi, peserta dipersilahkan untuk memesuki ruangan yang telah ditentukan. Perlombaan dilaksakan di 6 ruangan, yang pada setiap ruangannya berisikan 5 tim.

Pembacaan peraturan menjadi pengantar sebelum peserta dapat mengerjakan soal.
Pukul 09.25 peserta diperbolehkan mengerjakan soal babak pertama. Penyisihan Calculus Cup tahun ini dilaksakan dalam 3 babak, yang terdiri dari:
Babak 1 : ujian tulis
Babak 2 : rangkai kata
Babak 3 : gambar bangun ruang
Setiap babaknya peserta diberi waktu 30 menit untuk mengerjakan soal yang telah dibuat oleh Tim Pembuat Soal (TPS) dan diberi waktu istirahat 5 menit disetiap pergantian babak.

Pukul 11.05-11.20 acara penyisihan Calculus Cup selesai dilaksanakan dengan ditutup oleh MC serta penjelasan terkait babak semi final dan final.