Wisuda Tahun Akademik 2016-2017 Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Wisuda Tahun Akademik 2016-2017 Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Wisuda Tahun Akademik 2016-2017 Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Kamis, 16 Maret 2017. Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana Tahun Akademik 2016-2017. Acara yang ditunggu- tunggu oleh seluruh calon wisudawan dilaksanakan bertempat di Gedung JiExpo Hall D2 Kemayoran, Jakarta Pusat.

Upacara Wisuda dilaksanakan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Jakarta yang dipimpin langsung oleh Rektor UNJ Prof. Dr. Djaali. Pelaksanaan Wisuda UNJ dilaksanakan dalam II sesi. FMIPA bersama FBS, FIS dan Pascasarjana melangsungkan wisuda pada sesi II dari pukul 13.00-17.00 dengan jumlah 1097 wisudawan pada sesi ke-2 dengan total wisudawan yang diwisuda UNJ pada hari ini sebanyak 2180 wisudawan.

Acara Wisuda dipandu oleh dua orang MC yang nyambut seluruh wisudawan dan wisudawati. FMIPA terdiri dari 14 program studi yang pada hari ini mewisuda 171 wisudawan dan wisudawati (142 orang program S1 dan 29 org program S2). Acara dimulai dengan prosesi Senat UNJ memasuki tempat upacara yang disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mengheningkan Cipta. Tepat pukul 13.00 Rektor UNJ membuka Sidang Terbuka Senat UNJ dengan mengetuk palu sebanyak 3 kali tanda resminya acara wisuda dibuka.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian Pidato Rektor oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali. Beliau selaku pimpinan UNJ mengucapkan selamat atas kesuksesan yang telah diraih. Dalam pidatonya beliau menyampaikan tiga hal pokok yang berkaitan dengan wisudawan dan civitas akademik yaitu; 1) Kesiapan wisudawan UNJ dalam menghadapi tantangan dan kompetisi global; 2) Upaya UNJ untuk meningkatkan mutu lulusan dan 3) Peningkatan peran UNJ dalam pembangunan nasional.

Beliau juga berpesan sebagai kaum intelektual jangan cepat berpuas diri, teruslah belajar karena tantangan didepan tidaklah ringan. Saat ini, Universitas Negeri Jakarta bestatus Akreditasi A dan peringkat akreditasi UNJ berada pada peringkat ke-21 dari sekitar 4000 Perguruan tinggi yang ada di Indonesia.  Maka dari itu, wisudawan harus selalu menjunjung tinggi dan menjaga nama baik almamater dengan selalu menunjukkan keintelektualan dalam berinteraksi dimanapun nanti akan bertugas.

Pembacaan Pidato Rektor diakhiri dengan pembacaan prestasi yang telah diraih mahasiswa UNJ salah satunya dari Fakultas MIPA yaitu Juara II Kumite Putri 55 Kg pada Kejuaraan Paspamprs Karate Cup. Acara dilanjutkan dengan pembacaan lulusan terbaik dilihat dari IP, penelitian dan lama masa studi. mahasiswa FMIPA yang menyandang lulusan terbaik diraih oleh Prasetyo Hutomo dengan IP 3,90, Program S1, Program Studi Pendidikan Matematika. Program S2 diraih oleh Mega Indah Qodrati dengan IPK 3.89, Program studi Magister Pendidikan Fisika.

Acara dilanjutkan dengan Pelantikan Wisudawan oleh Rektor, Pembacaan Ikrar Wisudawan, dan disusul dengan Penyampaian terima kasih oleh salah seorang wisudawati FMIPA Wanda Amelia Rahma mewakili seluruh wisudawan.  Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Wisudawan kepada Ikatan Alumni dan Penutupan secara resmi Sidang Terbuka Senat UNJ oleh Rektor UNJ. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Dr. Agung Purwanto, M. Si.