SISKOM (Studi Islam Komprehensif) XXV

SISKOM (Studi Islam Komprehensif) XXV

SISKOM (Studi Islam Komprehensif) XXV

Pada tanggal 16-18 September 2016 Mahasiswa Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta kembali mengadakan agenda rutin yang selalu diselenggarakan setiap satu tahun sekali. SISKOM (Studi Islam Komprehensif) yang merupakan salah satu Program Kebaikan Lembaga Dakwah Fakultas MIPA yaitu Masjid Ulul Albaab, tahun ini sudah mencapai pada tahun ke 25.

SISKOM XXV dilaksanakan mulai dari tanggal 16-18 September 2016 di Villa Khalifah, Sukabumi, Jawa Barat. Agenda rutin yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa baru muslim FMIPA UNJ, tahun ini yang alhamdulillah diikuti oleh 191 peserta dengan rincian 129 akhwat dan 61 ikhwan mengangkat tema “Dengan Akhlak Qur’ani, Kembangkan Potensi, Tuk Jadi Muslim Berprestasi”

Jum’at, 16 September 2016
Kegiatan SISKOM XXV diawali dengan sebuah apelpelepasan peserta. Apel pelepasan ini sekaligus membuka secara resmi kegiatan SISKOM XXV. Apel pelepasan dilaksanakan di Lapangan Voli Kampus B FMIPA UNJ pada pukul 16:30 WIB hingga pukul 17:30 WIB.

Sabtu, 17 September 2016
Agenda SISKOM XXV ini baru efektif dimulai pada hari Sabtu, 17 September 2016 dikarenakan peserta dan panitia baru tiba di Villa Khalifah pada Sabtu dini hari pukul 00:30 WIB. Kegiatan pertama yang dilakukan oleh panitia dan peserta yaitu qiyamul lail berjamaah yang dimulai pada pukul 03:00 dan dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan diselesaikan dengan kultum dan dzikir al-ma’tsurat. Pagi hari sebelum memasuki agenda materi, peserta terlebih dahulu mengikuti agenda mentoring yang dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan dibimbing oleh 1 kakak tingkat sebagai fasilitator dan pengisi materi. Setelah mentoring peserta melakukan sholat dhuha & sarapan untuk persiapan mengikuti materi. Materi pertama disampaikan oleh ustadz Muhammad Hadi Kusumah mengenai Ghazwul Fikri yang dimulai pada pukul 09:00 sampai 11:00. Ghazwul Fikri ini focus membahas terkait strategi musuh Islam untuk menghancurkan umat Islam dengan cara perang pemikiran dan ideologi.

Pada sesi pertama ini, peserta terlihat antusias sekali dengan materi yang disampaikan. Peserta juga terlihat aktif ketika merespon sapaan dan menanggapi materi yang disampaikan oleh Ustadz Hadi. Setelah selesai materi 1, dilanjutkan dengan sholat zuhur jama’ qashar ashar dan makan siang.
Agenda selanjutnya adalah materi kedua yang dimulai pada pukul 14:45 yang disampaikan oleh ustadz Agus Supriyatna dengan tema Urgensi Tarbiyah. Tak kalah dari materi sebelumnya, peserta juga terlihat senang sekali dengan pembawaan ustadz Agus yang menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti. Pada tema kali ini, ustadz Agus fokus menenkankan beberapa poin penting yang menjadi alasan utama bagi kita semua untuk senantiasa mengikuti kegiatan tarbiyyah (pembinaan diri) melalui mentoring.

Setelah materi 2, maka agenda dilanjut ke materi 3. Namun, sebelum memasuki sesi materi 3, peserta dan panitia terlebih dahulu mengadakan briefing pencalonan koordinator dan koordinator akhwat Sahabat Muslim (SALIM) FMIPA UNJ 2016. Setelah mendapatkan beberapa calon, barulah peserta melanjutkan agendanya ke materi 3.
Materi 3 sekaligus materi terakhir disampaikan oleh ustadz Farid Nu’man dengan tema Pemuda Dambaan Islam. Pada materi kali ini, ustadz Farid menyampaikan beberapa karakter pemuda muslim yang termasuk dalam kategori Pemuda Dambaan Islam. Karakter-karakter tersebut tidak lain adalah 10 kepribadian ideal seorang muslim menurut Hasan Al-Banna. Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab dari peserta kepada ustadz Farid Nu’man.

Setelah materi 3 selesai, peserta dan panitia melaksanakan shalat maghrib jama’ qashar isya. Kemudian dilanjutkan dengan makan malam. Setelah makan malam selesai sekitar pukul 19:30 WIB, berlanjut ke acara berikutnya yaitu pengukuhan koordinator dan koordinator akhwat Sahabat Muslim (SALIM) FMIPA UNJ 2016. Dan yang terpilih sebagai koordinator adalah Mahbub Al Haqi dari program studi kimia dan koordinator akhwat yaitu Salma Madhaniyyah dari program studi pendidikan biologi.
Setelah terpilih koordinator dan koordinator akhwat Sahabat Muslim (SALIM) FMIPA UNJ 2016, agenda selanjutnya yaitu diskusi mengenai isu yang sedang hangat menjadi topik pembicaraan. Diskusi dilakukan dengan membagi peserta menjadi 2 kelompok, yakni pihak pro dan pihak kontra. Diskusi berjalan dengan baik. Terlihat antusias dari peserta mempertahankan argumennya masing-masing. Diskusi berakhir pukul 22:00 WIB dan kemudian peserta dipersilahkan untuk tidur.

Minggu, 18 September 2016
Sama seperti hari sebelumnya, kegiatan hari Minggu diawali dengan qiyamul lail berjamaah yang dimulai pada pukul 02:00 WIB. Hingga sekitar pukul 04:30 WIB peserta melakukan shalat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan dzikir alma’tsurat. Kegiatan pagi hari ini ditutup dengan kultum yang disampaikan oleh ustadz Andika Mahatmaka yang lebih intinya memberikan motivasi kepada peserta untuk semangat menjalani kuliahnya. Setelah shalat subuh dan kultum, peserta kembali melakukan kegiatan mentoring atau yang biasa dikenal dengan “melingkar”. Setelah selesai mentoring, peserta melakukan shalat dhuha dan sarapan. Setelah selesai sarapan peserta bersiap-siap untuk memasuki agenda berikutnya yaitu aktivitas outbound. Aktivitas outbound dilakukan secara terpisah antara ikhwan dan akhwat. Terlihat sekali antusias dan semangat peserta mengikuti agenda outbound ini, mereka berusaha menciptakan suasana kekompakan kelompok masingmasing dengan salah satu caranya adalah membuat yel-yel sebagai syarat untuk mengikuti setiap perlombaan. Kegiatan outbound selesai sekitar pukul 10:30 WIB kemudian peserta melakukan bersih-bersih sekaligus packing persiapan untuk pulang.

Ketika memasuki waktu zuhur, peserta dan panitiamelakukan shalat zuhur jama’ qashar ashar. Pada saat itu peserta sudah memakai dresscode dengan nuansa putih (baju dan kerudung putih untuk akhwat). Setelah selesai melaksanakan shalat berjamaah, peserta kemudian makan siang dan selesai sekitar pukul 13:10 WIB.
Sekitar pukul 13:15 WIB seluruh peserta melakukan apel penutupan sekaligus penyematan pin Alumni SISKOM XXV kepada peserta yang diwakilkan oleh koordinator dan koordinator akhwat Sahabat Muslim (SALIM) FMIPA UNJ 2016. Sebelum perjalanan pulang, terlebih dahulu diadakan foto bersama seluruh peserta SISKOM XXV dan pembuatan video bersama oleh seluruh peserta. Dimana mereka sama-sama menyuarakan “Kami Penakluk Peradaban telah menaklukan SISKOM, terima kasih SISKOM XXV.

Allahu Akbar!