Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2017

Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2017

Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2017

Hari pertama

Rabu, 23 Agustus 2017 bertempat di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta diadakan rangkaian perdana MPA FMIPA tahun akademik 2017/2018. Peserta yang telah hadir sejak pukul 04:30 WIB ini dengan tertib berada di Aula UPT Perpustakaan UNJ setelah mengikuti serangkaian kegiatan yang telah disusun panitia. Acara formal yang diawali dengan pembukaanoleh Prof. Dr. Suyono, M. Si selaku Dekan Fakultas MIPA UNJ, “Selamat, kalian menjadi mahasisa baru yang telah menjadi bagian dari Fakultas MIPA UNJ. Tak mudah untuk menjadi mahasiswa FMIPA karena persaingan yang sangat ketat melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Penmaba UNJ”. Beliau menegaskan bahwa “Tidak adanya perbedaan pelayanan antara mahasiswa yang membayar UKT tertinggi dan terendah”. Lalu pemaparan dunia perkuliahan dan perbedaan yang akan dialami mahasiswa baru dibandingkan masa sekolah dibangku SMA atau SMP.

Selanjutnya, pengenalan jajaran Dekanat yang dipimpin oleh Pak Suyono dengan memperkenalkan Wakil Dekan, Kordinator Prodi, Kepala Laboratorium masing-masing program studi serta Kasubag Mahasiswa dan jajajaran staffnya.Tak lupa beliau memberikan pesan kepada mahasiswa baru bahwa “ Sebagai mahasiswa yang menjadi harapan bagi banyak orang, khususnya orang tua harus memberikan kontribusi yang baik dalam segala hal yakni kuliah dan prestasi akademik atau non akademik. Acara resmi dibuka dengan membaca Bismillah oleh pak Suyono dengan harapan rangkaian MPA 2017 ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat.

Kegiatan selanjutnya adalah  parade berbagai organisasi dan perannya dalam ruang lingkup Fakultas MIPA. TPM selaku tim pembela mahasiswa mengawali adanya parade ini dengan mensosialisasikan pentingnya NADI (daNA penDIdikan), Sospol (Tank, Desa Binaan, Fp), Science club dan KMB, Kelompok studi, MUA dan OPMAWA. Peserta MPA selanjutnya diberikan waktu untuk istirahat, sholat, dan makan yang kemudian akan mengikuti rangkaian acara selanjutnya.

Peserta MPAselanjutnya diarahkan untuk mendengarkan materi yang disesuaikan dengan program studi masing-masing. Acara mengambil tempat di Gedung Kyai Hasjim Asjhari. Materi tersebut disampaikan oleh dosen masing-masing program studi mencakup tentang gambaran mengenai ilmu yang diambil, istilah-istilah baru yang belum mahasiswa baru ketahui secara detail seperti SKS, IPK, IPS, dsb, serta sesi sharing antar dosen dengan mahasiswa baru. Acara selanjutnya yaitu pemberian materi pembentukan karakter yang dilakukan oleh panitia MPA di Aula UPT perpustakaan UNJ. Kemudian kegiatan MPA ditutup pada pukul 17:00 WIB.