WORKSHOP PUBLIC SPEAKING

WORKSHOP PUBLIC SPEAKING

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta dalam mendukung kemajuan generasi muda yang berkompeten, menyelenggarakan Workshop Education Public Speaking, dimana acara ini bertemakan “Mengoptimalkan Profesionalisme Dalam Public Speaking”. Acara yang diselenggarakan di Aula Maftuchah Yusuf pada hari kamis 22 maret 2018 tersebut, terlihat sudah dipadati peserta sejak pukul 07.45 WIB.

Para peserta Workshop mulai berbaris mengisi presensi kehadiran sejak pukul 08.00 WIB, acara baru dimulai pukul 08.30 dengan dipandu oleh dua orang pembawa acara yaitu Fauzi Ramadhan dari Prodi Pendidikan Matematika 2016 dan Wimbo Fari Susilo dari Prodi Matematika 2016, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh Al Mubarik Revonaldi dari prodi Biologi 2016. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr. Iwan Sugihartono, M.Si. selaku Wakil Dekan III Fakultas MIPA UNJ yang mewakili Prof Dr. Suyono, M.Si Selaku Dekan Fakultas MIPA UNJ yang berhalangan hadir.

Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh mahasiswa Fakultas MIPA yang telah bersedia hadir pada Workshop tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa masa muda adalah masa dimana kita harus berkembang, masa dimana kita perlu untuk meningkatkan semua kemampuan baik kemampuan akademik maupun softskill yang bisa didapatkan diberbagai tempat dan salah satunya adalah pada Workshop hari ini yang mengajarkan para mahasiswa bagaimana melakukan Public Speaking yang baik dan benar, serta kesalahan apa saja yang sering dilakukan pada saat Public Speaking.

Acara dilanjutkan dengan materi Public Speaking yang disampaikan oleh pembicara yaitu Adi Triasma, beliau adalah Certified Trainer for Youth Self-Development, beliau merupakan pakar yang ahli dalam perkembangan diri generasi muda, salah satunya adalah public speaking.

Sepanjang penyampaian materi beliau menekankan bahwa kemampuan berbicara didepan umum bukanlah hal yang sulit, hal utama yang perlu dimiliki seorang untuk lancar berbicara didepan umum adalah passion atau minat, seseorang harus memiliki minat atau keinginan untuk berbicara, agar saat berbicara didepan umum dapat berbicara dengan lugas agar tujuan dari apa yang disampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh audience.Beliaujugamenyampaikanhal-hal yang wajibdimilikiseseorangdalam public speaking adalahsebagaiberikut:

  1. Passion
  2. Berpikirkritis
  3. KomunikasiBaik
  4. Semangat Tinggi
  5. Mengatasi Stress

Kemudian acara dilanjutkandengansesitanyajawab, para peserta workshop terlihatantusiasdalambertanya, menandakanbahwa para peserta workshop sangatantusiasdalammeningkatkankemampuan Public Speaking mereka.

Acara dilanjutkandenganpromosi MAWAPRES UNJ, dua orang peserta MAWAPRES UNJ yang mewakiliFakultas MIPA yakniAgustianiPutridari Prodi PendidikanMatematika 2015 dan Susi Rahmiyatidari Prodi Biologi 2015 memintadukungandari para peserta yang hadirpada Workshop Public Speaking untukterusmendukungmereka, danmerekajugamenyampaikanakanterusmemberikan yang terbaikuntukmengharumkannamabesarUniversitasNegeri Jakarta khususnyaFakultas MIPA.

Acara kembalidilanjutkandenganpersembahandarimasing-masingRumpunsepertiRumpunMatemtika yang membawakansebuahlagu yang diiringiolehpermainangitar, laluRumpunFisikamenampilkanpermainan piano sertamembawakansebuahlagu, selanjutnyaRumpunBiologimenampilkansebuahpermainan yoyo yang ditampilkandengansangatmenarikhinggamembuat para pesertaterkesima, danditutupdenganpersembahandarirumpun Kimia yang membacakando’apenutup. Dengandibacakannyado’apenutupmenandakan acara padahariitutelahberakhir, kemudianpembawa acara menyampaikankalimatpenutupdan acara resmiberakhirpadapukul 12.00 WIB.