VISITASI ASESSOR BAN PT DALAM RANGKA AKREDITASI PROGRAM STUDI KIMIA FMIPA UNJ BULAN MARET TAHUN 2018

VISITASI ASESSOR BAN PT DALAM RANGKA AKREDITASI PROGRAM STUDI KIMIA FMIPA UNJ BULAN MARET TAHUN 2018

VISITASI ASESSOR BAN PT DALAM RANGKA AKREDITASI PROGRAM STUDI KIMIA FMIPA UNJBULAN MARET TAHUN 2018

Visitasi Asessor BAN PT dalam Rangka Akreditasi Program Studi Kimia FMIPA UNJ dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Maret 2018. Kegiatan diikuti oleh 2 orang asessor BAN PT yaitu Asessor I adalah Prof. Taslim Ersam, M.Si. danAsessor II adalah Prof. Dr. DEA Bambang Rusdiarso, 11 orang dosen penyurun Borang, 13 orang dosen Prodi Kimia, 25 orang mahasiswa angkatan 2014, 20 orang mahasiswa angkatan 2015, 25 orang alumni, dan 4 orang Dekanat.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen.BAN-PT adalah lembaga  yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan.Akreditasi juga bisa memberikan manfaat pada semua pihak, baik itu pemerintah, calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja nasional maupun internasional, organisasi penyandang dana, dan bagi perguruan tinggi atau Program Studi yang bersangkutan. Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu Program Studi dan tenaga kerja yang lulus dari Program Studi yang sudah terakreditasi. Selain itu juga pemerintah bisa mendapatkan informasi mengenai Program Studi untuk menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya. Sehingga, Akreditasi sangat diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusan nya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebutsesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah (kemendiknas) dalam tahap proses globalisasi pendidikan untuk daya saing secara global dimasa datang.

Visitasi Asessor BAN PT dalam Rangka Akreditasi Program Studi Kimia FMIPA UNJ merupakan kegiatan yang memadukan kunjungan, observasi, dan penilaian Asessor tentang beberapa aspek seperti Dimensi berupa masukan (Input), Proses (Process), Luaran dan hasil (Output dan Outcome), 7 Standar Akreditasi Pogram Studi yang dievaluasi meliputi; Standar 1 Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran; Standar 2 Tatakelola dan Penjamiman Mutu; Standar 3 Mahasiswa dan Alimni; Standar 4 Sumber Daya Manusia; Standar 5 Kurikulum Pembelajaran dan Sistem Informasi; Standar 6 Pembiayaan dan Sarana Prasarana; Standar 7 Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama. Penilaian tentang Suasana Akademik (Academic Atmosphere) dan Pengelolaan Institusi (Institutional Management) pun dilakukan.

Kegiatan Visitasi Asessor BAN PT dimulai dengan Pertemuan dan diskusi bersama Rektor dan pimpinan Perguruan Tinggi UNJ. Pembukaan dan Pertemuan dan diskusi dilanjut dengan Dekan dan pimpinan FMIPA yang diantaranya dihadiri oleh Prof. Dr. Suyono, M.Si selaku Dekan Fakultas MIPA UNJ, Dr. Muktiningsih N., M.Si selaku Wakil Dekan I FMIPA UNJ, Dr. Adisyahputra, M.Si selaku Wakil Dekan II FMIPA UNJ, Dr. Iwan Sugihartono, M.Si selaku Wakil Dekan III FMIPA UNJ. Acara dilanjutkan dengan pertemuan dan diskusi bersama Alumni, sebanyak 25 orang alumni hadir di visitasi BAN PT. Agenda diskusi pun dilanjutkan dengan Mahasiswa angkatan 2014, 2015 dan 2016.

Setelah ISHOMA, acara dilanjutkan dengan Pertemuan dan diskusi dengan Dosen Prodi Kimia serta melihat bukti fisik dan fasilitas yang diantaranya Kunjungan ke Lab. Kimia, Ruang Kuliah, Ruang Kerja Dosen dan Tenaga Kependidikan, Perpustakaan, Administrasi. Pertemuan dan diskusi selanjutnya bersama TimPenyusun Borang dan Evaluasi Diri. Acara Visitasi masih dilanjut dengan Pertemuan dan Diskusi tentang Hasil Visitasi dengan: Pimpinan FMIPA, Koorprodi Kimia dan Dosen penyusun Borang dan Evaluasi Diri. Acara ditutup tepat pukul 21.00 dan diakhiri dengan foto bersama