Studium Generale

Studium Generale

Jakarta – Rabu (12/9) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Jakarta mengadakan Strengthening International Collaboration Research dengan Keynote Speaker Prof. Mehrorang Ghaedi yang berasal dari Yasouj University, Iran dengan tema “The Roles of Nanomaterial and Nanotechnology on the Development of Green Technology”. Acara yang bertempat di Ruang Sidang FMIPA ini dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari FMIPA Universitas Negeri Jakarta.

Studium Generale ini terdiri dari 2 materi. Sesi pertama merupakan materi yang berjudul “Recent Advances of Nanomaterials in our Research Group for Adsorption and Photo Degradation of Pollutants”. Sesi kedua juga merupakan sesi materi yang  berjudul “Recent Advances of Nanomaterials in our Research Group for Pollutants Elimination and Biological Important Compound Monitoring”.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. Suyono, M. Si. Dalam sambutannya, beliau sangat berterima kasih kepada Prof. Mehrorang Ghaedi atas ketersediaan waktunya untuk datang ke Indonesia, khususnya mengunjungi Universitas Negeri Jakarta. Bapak Dekan juga berharap dapat terjalin kerja sama dalam penelitian antara Universitas Negeri Jakarta dengan Yasouj University.

Sesi pertama dimulai, yaitu sesi tentang “Recent Advances of Nanomaterials in our Research Group for Adsorption and Photo Degradation of Pollutants” oleh Prof. Mehrorang Ghaedi dengan moderator Riser Fahdiran, M. Si. Pada kesempatan ini, Prof. Mehrorang Ghaedi menjelaskan tentang berbagai metode pengolahan air limbah, seperti adsorpsi, biosorpsi, serta fotodegradasi. Pengolahan air limbah ini dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu metode kimia seperti koagulasi, flokulasi, presipitasi, pertukaran ion, serta metode lainnya; metode fisika seperti proses filtarsi dengan menggunakan membran (nano-filtrasi, osmosis balik, elektrodialisis); serta metode biologis seperti degradasi mikroba, adsorpsi dengan menggunakan mikroba dan juga bioremediasi. Banyak riset yang dilakukan oleh Prof. Mehrorang Ghaedi menggunakan senyawa organik sebagai adsorbennya dan juga berbasis nano. Sesi pertama usai dilanjutkan dengan istirahat sejenak.

Sesi kedua, tentang “Recent Advances of Nanomaterials in our Research Group for Pollutants Elimination and Biological Important Compound Monitoring” yang juga di moderator oleh Riser Fahdiran, M. Si. Pemaparan materi yang kedua ini disampaikan lebih umum oleh Prof. Mehrorang Ghaedi. Pemaparan yang disampaikan dilaksanakan hingga pukul 11.45 dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.