Audit Internal di FMIPA

Audit Internal di FMIPA

Audit Internal di FMIPA

Mengacu pada definisi yang tertulis di laman https://belmawa.ristekdikti.go.id/sistem-penjaminan-mutu-internal-spmi/, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Oleh karena itu, SPMI yang ada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) secara rutin melakukan audit.

Pada tanggal 2 Agustus 2019, tim auditor dari SPMI UNJ yang terdiri dari Ir. Erna Septiandini, MT, Wening Cahyawulan, M.Pd, Santi Susanti, S.Pd, M.Ak, dan Sari Nurulita, M.Si melakukan audit internal seluruh komponen yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan audit tersebut dibuka oleh Bapak Dekan Prof. Dr. Suyono, M.Si dan dihadiri oleh para wakil dekan serta kepala bagian tata usaha dan seluruh kepala sub-bagian.

Tujuan dari audit internal oleh SPMI adalah agar UNJ dapat mencapai (a) kepatuhan terhadap kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik, dan manual mutu akademik, (b) kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan di setiap program studi, (c) kepastian bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan spesifikasi program studi, dan (d) relevansi program pendidikan dan penelitian dengan tuntutan masyarakat dan stakeholders lainnya.

Kegiatan audit tersebut berlangsung dari jam 09.00 WIB hingga 16.00 WIB di ruang siding I lantai 6 gedung Hasyim Ashari. Hasil-hasil yang diperoleh oleh tim audit diharapkan dapat memberikan masukan kepada pimpinan baik di tingkat fakultas maupun universitas untuk kemajuan UNJ di masa depan. (@isugihar2019)