FORUM MAHASISWA BERPRESTASI UNJ GELAR ROAD SHOW DI FMIPA

FORUM MAHASISWA BERPRESTASI UNJ GELAR ROAD SHOW  DI FMIPA

FORUM MAHASISWA BERPRESTASI UNJ GELAR ROAD SHOW DI FMIPA

Oleh Noviana Misnannisah

Senin, 28 Oktober 2019 Forum Mahasiswa Berprestasi (FORMAPRES) Universitas Negeri Jakarta memperkenalkan program Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) kepada seluruh mahasiswa UNJ. Kegiatan berlangsung dari tanggal 28 Oktober hingga 6 November 2019 nanti. Road Show Mahasiswa Berprestasi tersebut perdana di lakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dihadiri oleh mahasiswa FMIPA angkatan 2017 – 2019. Acara tersebut juga dihadiri oleh finalis mahasiswa berprerstasi UNJ 2019 dan Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA periode 2018-2019.

Acara dibuka oleh Sasa selaku mawapres terfavorit UNJ 2019 yang kemudian dilanjutkan presentasi oleh Bima selaku mawapres utama UNJ 2019. Disamping melakukan sosialisasi tentang alur pemilihan mawapres UNJ, kegiatan ini ditujukan untuk mengubah mindset para mahasiswa yang selama ini keliru dalam memahami mawapres. Pasalnya banyak mahasiwa yang menganggap bahwa mawapres adalah mahasiswa yang unggul dalam bidang akademik saja.

Selain itu Bima juga memaparkan urgensi mengapa mahasiswa harus mengikuti ajang seleksi mahasiswa berprestasi ini. Salah satu diantaranya yaitu bisa membanggakan kedua orang tua dan juga menjadi role model untuk mahasiswa lainnya agar terus meningkatkan prestasi dibidang akademik maupun non akademik. “Jujur saya mengikuti ajang mawapres ini karena ingin membuat kedua orang tua saya bangga, meskipun orang tua saya sendiri tidak tahu apa itu mawapres. Tapi ibu saya bangga melihat piala besar saya, yang ibu saya tau saya menjadi juara” Ujar Bima saat bercerita tentang tujuannya mengikuti ajang mawapres.

Pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas akan dimulai pada bulan Desember 2019 hingga Januari 2020, kemudian dilanjutkan dengan acara grand final pilmapres UNJ di awal Maret 2020. Adapun syarat menjadi mawapres yaitu, prestasi akademik maupun non akademik, organisasi, karya tulis ilmiah, kemampuan berbahasa inggris, minimal memiliki IPK 3,00, attitude yang baik dan juga pengabdian sosial yang akan menjadi nilai tambahan. Acara tersebut diakhiri dengan sharing bersama finalis mawapres UNJ 2019 dan juga foto bersama. Peserta road show terlihat antusias dengan adanya acara ini dan siap menyambut pilmapres 2020.

Melalui kegiatan tersebut, para finalis mahasiswa berprestasi berharap agar ditahun ini Universitas Negeri Jakarta dapat mengirimkan peserta mawapres UNJ hingga tingkat nasional dan masuk dalam tiga besar nasional.