Kuliah Umum : Perencanaan Keuangan ala Milenial Bersama doitsmart.id

Kuliah Umum : Perencanaan Keuangan ala Milenial Bersama doitsmart.id

Kuliah Umum : Perencanaan Keuangan ala Milenial Bersama doitsmart.id

Oleh Noviana Misnannisah

Kamis, 14 November 2019. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar acara kuliah umum kembali. Namun kali ini kuliah umum sedikit berbeda karena berkolaborasi dengan aplikasi doitsmart.id yang dibawakan oleh Kokko Cattaka SE.AK. CFP, AEPP. Kuliah umum diadakan di Ruang Sidang 1 & 2 lantai 6 GHA serta dihadiri oleh 24 peserta, dan dibuka oleh MC yang kemudian dilanjutkan dengan sambuta oleh Dr. Muktiningsih N., M.Si selaku wakil dekan bidang akademik FMIPA UNJ .

Tujuan diadakannya kuliah umum ini adalah agar mahasiswa FMIPA UNJ mengetahui bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Pak Kokko menjelaskan bagaimana konsep dasar pada perencanaan keuangan, anggaran & arus kas pribadi, nilai waktu dari uang, pengelolaan hutang, asuransi sebagai alat proteksi, serta mengatur investasi untuk mencapai tujuan keuangan. Dan seluruh peserta yang hadir menyimak materi dengan penuh rasa ingin tahu, pasalnya hampir dari seluruh peserta yang hadir, mahasiswalah yang paling banyak memenuhi ruangan.

“Mendapatkan uang itu mudah, mengelolanya itu yang susah” Ujar Pak Kokko. Disamping itu pemateri juga menampilkan video gambaran outfit penampilan anak zaman sekarang, orang menengah keatas menggunakan outfit bisa mencapai ratusan juta. Sebenarnya mereka bukan anak orang berada, namun karena mereka bekerja dan dapat mengelola keuangan dengan baik. Mahasiswa semakin terpacu untuk mengetahui bagaimana mengelola keuangan agar mendapat pundi-pundi uang yang banyak.

Diakhir pemaparan materi, Pak Kokko memberi tips agar menabung uang Rp 10.000,00 hingga 30 tahun ke depan, dan ketika dihitung kita akan mendapatkan uang sebanyak Rp 335.000.000,00 dan itu bisa menjadi investasi di tahun yang akan mendatang. Kemudian Pak Kokko memberi kesempatan kepada para peserta untuk bertanya.

Acara ditutup dengan pemberian bingkisan kepada para pemateri, pemberian voucher 100.000 kepada para peserta yang bertanya dan juga foto bersama. Harapannya dari kuliah umum ini, semoga para peserta dapat mengelola keuangannya dengan baik serta memiliki investasi dikemudian hari untuk memenuhi kebutuhannya.