Alur Permintaan Keterangan Kelayakan Etik

  1. Permintaan kelayakan etik ditujukan kepada Ketua KEH PSB, disertai lembar isian (Borang A) dan 3 eksemplar proposal penelitian. Dokumen Borang A tersebut dapat diunduh DISINI.
  2. Pemohon menyerahkan form isian (Borang A) yang telah diisi dan proposal penelitian masing-masing sebanyak 3 eksemplar kepada sekretariat KEH PSB.
  3. Sekretariat KEH PSB memeriksa kelengkapan dokumen permohonan dan memberikan bukti penyerahan dokumen kepada pemohon.
  4. KEH PSB akan membahas formulir aplikasi dan isian dimaksud bersama-sama untuk menentukan tim penilai berdasarkan bidang keilmuan terkait.
  5. KEH PSB dapat mengundang peneliti untuk memaparkan secara rinci rencana penelitian.
  6. Dalam melaksanakan tugasnya, KEH PSB dapat melakukan konsultasi dengan pakar yang terkait dengan penelitian yang dimaksud.
  7. KEH PSB terutama akan menilai aspek etik penelitian yang diusulkan, akan tetapi bila perlu berhak meninjau aspek ilmiahnya agar secara etik dapat diterima.
  8. Hasil presentasi peneliti dalam seminar yang dihadiri oleh KEH PSB, langsung diumumkan hasil evaluasi kelayakan etiknya kepada peneliti secara lisan.
  9. Hasil kelayakan etik berikut penjelasannya akan diberikan kepada ketua KEH PSB secara tertulis.
  10. Hasil penilaian kelayakan etik berupa: Layak: Pemohon menerima surat keputusan kelayakan etik (sertifikat). Layak dengan perbaikan: Pemohon melakukan perbaikan dan atau melakukan presentasi di hadapan KEH PSB. Tidak layak: Pemohon dapat melakukan pengajuan ulang sesuai dengan saran-saran dari KEH PSB.
  11. Bagi peneliti yang dinyatakan layak etik dengan perbaikan, maka perbaikan dilakukan paling lama 1 (satu) bulan.
  12. Bagi peneliti yang dinyatakan tidak layak, dapat memberikan tanggapan dan melakukan redesain penelitian atas alasan-alasan keberatan yang disampaikan oleh komisi etik.

Alur