KSP Macaca merupakan salah satu kelompok studi di jurusan Biologi FMIPA UNJ yang berkomitmen dalam dunia ekologi konservasi, khususnya primata. KSP Macaca didirikan pada tanggal 14 Oktober 2002 oleh sekelompok mahasiswa jurusan Biologi yang peduli terhadap keadaan primata dan konservasi di Indonesia. KSP Macaca dengan kegiatannya bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam usaha pelestarian ekosistem.

Kegiatan-Kegiatan KSP Macaca

KSP Macaca dibawah bimbingan dan binaan Drs. Yossa Istiadi, M.Si. KSP Macaca mencoba melakukan berbagai kegiatan untuk tercapainnya tujuan organisasi dalam hal pelestarian dan konservasi ekosistem. KSP Macaca tidak hanya melakukan kegiatan di dalam kampus, beberapa kegiatan yang telah dilakukan KSP Macaca antara lain:

–  Pelantikan Anggota

Pelantikan Anggota bertujuan untuk merekrut anggota baru. Kegiatan yang dilakukan berupa pembekalan materi lapangan, pelatihan penulisan jurnal,  pengamatan primata secara langsung di habitat aslinya dan Seminar Hasil Penelitian. Terakhir diadakan pelantikan anggota KSP Macaca VIII di SP Bodogol, Gunung Gede Pangrango pada tanggal 28-31 Januari 2010.

– Monitoring Macaca

Merupakan kegiatan penelitian  yang dilakukan secara rutin dengan mengamati aktivitas dan jumlah kelompok dari Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Suaka Margasatwa Muara Angke dan Bumi Perkemahan Cibubur.

– Jurnal Club

Jurnal Club merupakan kelompok diskusi yang bersifat santai untuk membahas jurnal-jurnal penelitian, proposal penelitian, hasil penelitian, dsb.

– Pelatihan Ekologi

Dalam kegiatan ini para anggota diajak lebih mengenal segala hal tentang penelitian ekologi, diantaranya Primata, Mamalia, Analisis Vegetasi, Herpet dan Insect.

– Pelatihan Guiding

Kegiatan ini berkerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Atas dengan tujuan untuk melatih siswa-siswi akan penelitian ekologi guna pelestarian ekosistem.