Visi

Dalam rangka mendukung dan mempercepat pencapaian visi universitas sampai tahun 2035.  Visi Program Studi Biologi adalah menjadi program studi yang unggul di bidang biologi dengan fokus kajian keanekaragaman hayati (biodiversitas), penyelamatan dan pendayagunaannya dalam menghadapi tantangan global.

Misi

  • Menjadi Program Studi Biologi dengan sivitas akademika yang mampu mengeksplorasi keanekaragaman hayati dan pendayagunaannya serta penyelamatan sumber daya hayati secara kreatif sesuai kaidah ilmiah dan perkembangan iptek terkini.
  • Menjadikan lulusannya memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, berwatak mandiri, memiliki integritas, visioner dan berjiwa
  • Menjadikan lulusannya secara berkualitas memiliki saintifik literasi dibidang biologi sesuai perkembangan ilmu dan teknologi.
  • Menjadi lembaga yang berkontribusi pada kemajuan biologi di Indonesia melalui pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian masyarakat.
  • Menyiapkan lulusan yang mandiri dan mampu berwirausaha agar dapat bersaing di era global.

Akreditasi

Program Studi Biologi telah diakreditasi dengan nilai A (Sangat Baik) berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. Berlaku tanggal 09 November 2013 sampai tanggal 09 November 2018.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten dalam bidang biologi, menguasai konsep-konsep keanekaragaman hayati, pendayagunaan dan penyelamatan sumber daya hayati.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan melaksanakan penelitian dalam bidang biologi yang sesuai dengan kaidah ilmiah serta mampu mengaplikasikannya sesuai perkembangan ilmu dan teknologi.
  3. Menghasilkan produk penelitian biologi dan terapannya yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam masyarakat.
  4. Menghasilkan produk-produk program pengabdian masyarakat berbasis penelitian biologi yang aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
  5. Menghasilkan lulusan yang mandiri dan mampu berwirausaha berbasis ilmu biologi yang kreatif agar dapat bersaing di era global.

Dasar Hukum Pendirian Prodi Biologi

  1. Nomor SK Pendirian: 187/DIKTI/KEP/1998   12 Juni 1998
  2. Nomor SK Izin Operasional: 7114/D/T/K-N/2011