Kategori Pendidikan Matematika

Mata kuliah ini merupakan revisi ke-4 dari mata kuliah algoritma pemrograman di pendidikan. Setelah mengevaluasi mata kuliah yang telah lalu kemudian mempertimbangkan kompetensi keilmuan seorang guru. Mata diputuskan untuk untuk “stay to the root”, dimana fokus pembahasan lebih ke arah algoritma untuk penguatan logika berpikir. Tetap dimaklumi posisi mahasiswa pendidikan sedikit berbeda dengan murni. Untuk itu menimbang masih terdapat mata kuliah animasi komputer di semester kemudian, maka diputuskan mata kuliah alprog dan animasi komputer dijadikan sebagai blended course. Algoritma pemrograman dianggap sebagai alprog 1 & anikom 1. Animasi komputer dianggap sebagai alprog 2 & anikom 2. Tools yang dipergunakan pada mata kuliah ini adalah Unity 2017.3.

This course is intended for mathematical education department. The course is mostly discuss animation and gaming seen from two perspectives - creation techniques & design principles particularly for educational purpose. The tools used in this course such are (but not limited to) Blender & Unity.

Salah satu peran pendidik adalah untuk menyebarluaskan ilmu secara langsung ataupun tidak langsung (distance learning) melalui perantara teknologi. Salah satu teknologi yang membantu distance learning adalah platform web dan platform mobile. Oleh karena itu kemampuan untuk memanfaatkan teknologi web tersebut menjadi kebutuhan masa depan pendidik. Mata kuliah ini mempelajari bagaimana platform web dibangun untuk kebutuhan distance learning tersebut.

Perkuliahan Algoritma Pemrograman pada program studi pendidikan pada kali ini merupakan paradigma shift dari sebelumnya yang bersifat pembelajaran algoritma berbasis OOP melalui Jawa ke platform web.