PKKMB Fisika FMIPA UNJ 2020 di Masa Pandemi Covid-19

Apabila tahun-tahun sebelumnya Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNJ diadakan secara meriah dan serentak seluruh fakultas, PKKMB tahun 2020 harus diadakan secara online melalui aplikasi zoom dan diadakan oleh masing-masing prodi dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang belum mereda. Pada hari Kamis 17 September 2020 prodi fisika mengadakan PKKMB secara online melalui aplikasi zoom untuk memberikan pengenalan seputar prodi fisika UNJ kepada mahasiswa baru.

Acara PKKMB prodi fisika ini dimulai pada pukul 08.00 bersama-sama dengan PKKMB prodi pendidikan fisika. Acara dibuka oleh MC dari mahasiswa yaitu Abyan Syah yang menjelaskan susunan acara PKKMB secara garis besar. Kemudian, Dr. Esmar Budi selaku koorprodi pendidikan fisika dan Dr. Widyaningrum Indrasari selaku koorprodi fisika memberikan beberapa sambutan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi singkat terkait prodi fisika dan pendidikan fisika oleh Dr. Anggoro Budi Susilo. Presentasi ini meliputi struktur organisasi di FMIPA, nama-nama dosen beserta keahliannya, dan beberapa kegiatan yang ada di prodi fisika dan pendidikan fisika.

Pada pukul 10.00, PKKMB dipisahkan menjadi dua sesi parallel, yaitu sesi untuk prodi fisika dan sesi untuk prodi pendidikan fisika. Untuk prodi fisika sendiri, acara PKKMB dipandu oleh Dr.  Widyaningrum Indrasari selaku koorprodi fisika. Dalam kesempatan ini, koorprodi fisika memaparkan beberapa kegiatan di prodi fisika dan prestasi yang didapat beberapa tahun ini. Selain itu, beliau juga memaparkan mengenai laboratorium dan bidang keahlian para dosen di prodi fisika. Beberapa pertanyaan sempat diajukan oleh beberapa mahasiwa baru terkait bidang keahlian atau pun lapangan pekerjaan yang kemudian dijawab oleh beberapa dosen yang bersangkutan, seperti Dr. Iwan Sugihartono dan Riser Fahdiran, M.Si.

Acara dilanjutkan dengan sharing alumni yang dimoderatori oleh Dr. Mutia Delina. Pada kesempatan ini prodi fisika mengundang beberapa alumni, yaitu Fajar Fiqri, Trengginas Eka Putra, Nur Salma Yusuf, dan tedy Harsanto. Para alumni ini memaparkan mengenai lika-liku mencari pekerjaan dan memberikan beberapa tips bagaimana mendapatkan pekerjaan yang cocok. Hal ini disebabkan sangat sedikitnya lapangan pekerjaan yang berkaitan bidang spesifik di fisika. Beberapa pertanyaan oleh mahasiswa baru pun diajukan untuk menggali lebih dalam tips dan trik dalam menentukan bidang keahlian dan lapangan pekerjaan yang terkait.

Acara yang terakhir adalah pemaparan oleh panitia mahasiswa mengenai kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Salah satu kegiatan unggulan di fisika adalah Art of Physics (AOP). Lingkung kegiatan ini mencakup seni tari dan musik yang nantinya akan dipertunjukkan pada acara-acara besar, seperti seminar nasional dan internasional di UNJ. Kegiatan ini cukup sukses dan berhasil menbawa nama besar fisika UNJ sebagai satu-satunya prodi di FMIPA yang mempunyai kegiatan unggulan ini.

Written by