Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

 

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO) Fisika terbagi berdasarkan Kompetensi Utama, Pendukung dan lainnya.

Kompetensi Utama (70%) adalah:

  1. Mampu menganalisis dan memberikan penyelesaian serta kesimpulan melalui pendekatan matematis, perangkat lunak dan teknik di bidang fisika yang relevan terhadap permasalahan fisika dan aplikasinya.
  2. Mampu menghasilkan model yang sesuai dengan hipotesis, data, maupun rujukan dari permasalahan fenomena fisika dan aplikasinya.
  3. Mampu mengkomunikasikan atau mempublikasikan hasil kajian fisika dan aplikasinya secara akurat dalam bentuk laporan, kertas kerja maupun artikel ilmiah.
  4. Mampu mengelola lembaga penelitian dan pendidikan secara profesional melalui penguasaan ilmu fisika dan aplikasinya serta bidang-bidang lain yang terkait.
  5. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dalam bidang ilmu fisika dan aplikasinya serta bidang-bidang lain yang terkait dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS.
  6. Mampu mengaplikasikan konsep fisika pada bidang terapan yang relevan dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS sesuai dengan bidang kepeminatan.
  7. Mampu mengembangkan diri secara profesionalnya melalui penguasaan keilmuan dan wawasan fisika yang lebih luas pada bidang teknologi dan industri.
  8. Mampu mengembangkan diri melalui peningkatan kemampuan pengelolaan dan kepemimpinan berlandaskan penerapan prinsip kewirausahaan dan olimpisme dalam kehidupan bermasyarakat.

Kompetensi Pendukung (20%):

  1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang ICT.
  2. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara efektif.

Kompetensi Lainnya (10%):

  1. Memiliki nilai-nilai kepemimpinan.
  2. Memiliki wawasan kewirausahaan