Tiga Mahasiswa Jurusan Kimia Raih Juara 3 LKTI Nasional 2015

Juara 3 LKTIN 2015 UNY

Friska, Nur Mei, dan Sri Hartini sedang memegang tropi dan hadiah juara 3 LKTI Nasional 2015

Tim UNJ meraih juara ketiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) 2015 yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Ilmiah MIPA Scientist (KSI MIST) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Lomba yang diikuti oleh 146 tim dari berbagai universitas ini di beri nama MARSS #2 yang merupakan singkatan dari MIPA Road to Scientific Paper and Seminar. Pengumuman lomba dan seminar dilaksanakan pada 09 Mei 2015 lalu. Tim UNJ yang meraih Juara Tiga tersebut adalah Nur Mei Alfi Fajrin, Friska Ruswandani Pratiwi, dan Sri Hartini. Ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Kimia UNJ. Mereka mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 1.000.000, tropi, dan sertifikat atas prestasinya tersebut.

Dari 146 tim yang berkompetisi, UNJ mengirimkan 4 tim yang terdiri dari tiga orang setiap kelompoknya (ada satu kelompok yang terdiri dari dua orang). Tim UNJ yang berpartisipasi merupakan mahasiswa Jurusan Kimia UNJ, yakni: Tim 44 (Dian Nisa Fitriani, Anna Rahmadianty, Elsa Mahardika), Tim 58 (Wanda Amelia Rahma, Desy Suharnita, Risa Rianti),  dan Tim 133 (Nur Mei Alfi Fajrin, Friska Ruswandani Pratiwi, Sri Hartini). Dari Jurusan Fisika UNJ mengirimkan satu tim, yakni Tim 127 (Karlina Ayu Efrita dan Sitti Ghaliyah).

“Alhamdulillah, semua pihak baik dari dosen pembimbing kami, pihak Jurusan Kimia, Universitas, dan dari senior KPM (Kelompok Peneliti Muda) dapat membantu kami hingga semuanya dapat terpenuhi sebelum kami berangkat ke Yogyakarta.” Ujar Friska yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNJ angkatan 2014 saat bercerita tentang persiapan lomba dalam mengurus berkas-berkas kelengkapannya.

Berdasarkan pemaparan Friska, berbeda dengan Nur Mei (Program Studi Kimia 2013) dan Sri Hartini (Program Studi Pendidikan Kimia 2012) yang baru pertama kali bisa lolos sampai ke final LKTI Nasional, ini merupakan pengalaman kedua kalinya bagi Friska untuk bisa lolos dan mendapatkan juara LKTI tingkat Nasional. Friska pernah meraih juara 1 LKTI tingkat Nasional di ITS.

Semoga semakin banyak mahasiswa UNJ terutama Jurusan Kimia UNJ yang berprestasi, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Congrats![el.]