Kuliah Umum Kromatografi dan Kalibrasi Analitik

1

FMIPA UNJ, Jakarta:  sebanyak lebih kurang 100 mahasiswa Program Studi  Kimia dan Pendidikan Kimia angkatan 2012 dan 2013 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Dr. rer. nat. Rinaldi Idroes, S.Si, seorang guru besar bidang Kimia Analitik  di Universitas Syiah Kuala. Kuliah umum ini dilaksanakan di ruang kelas 1.6 dan 1.7 kampus B UNJ, jumat (15/004/2016) pukul 8.30-10.30.

Kuliah umum yang dilaksanakan selama dua jam tersebut mengangkat tema “Kromatografi dan Kalibrasi Analitik”.  Kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukan alat ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukurnya (yang telah diketahui nilainya) yang mampu tertelusur (traceable) ke Standar  Nasional untuk satuan ukuran dan atau internasional. Pada kuliah umum kali ini Prof. Dr. rer. nat. Rinaldi Idroes memaparkan cara mengkalibrasi suatu instrumen, menentukan gradien dari kurva kalibarasi, dan  juga memaparkan prinsip kerja beberapa instrumen dalam Kimia Analitik yang digunakan baik untuk mengindentifikasi suatu senyawa ataupun instrumen yang memiliki fungsi untuk menentukan kadar sampel dalam suatu senyawa seperti kromatografi gas, HPLC, HPLTC, dan spektofotometri.

2

Diakhir acara, Dosen yang sempat menjadi pengisi dalam acara Lab Indonesia, sebuah pameran instrumen laboratorium terbesar di Indonesia 13-15 April 2016 memberi pemaparan mengenai prospek kerja seorang ahli kimia bidang kimia instrumen yang sangat mudah untuk didapatkan jika menguasai instrumen kimia.  “Indonesia memang belum mampu membuat instrumen kimia namun setidaknya kita harus menguasai instrumen tersebut sesuai dengan prosedur yang benar” jelas Prof. Rinaldi Idroes diakhir kuliah.

Kuliah umum yang diselenggarakan oleh Prodi Kimia dan Pendidikan Kimia UNJ ini ditutup dengan pemberian cindera mata oleh Dr. Yusmaniar selaku Ketua Prodi Kimia UNJ dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dengan diadakannya kuliah umum ini, semoga semakin banyak mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari kuliah instrumen lebih dalam atau setidaknya  dapat bermanfaat sebagai penunjang mata kuliah kimia analis yang telah diambil oleh Mahasiswa Kimia UNJ.

Penulis: Anna Rahmadianty