Studium General oleh Mauro Mocerino, Ph.D

020

Prof. Mauro Mocerino, Ph.D

Prodi Kimia FMIPA UNJ, 30 Mei 2016 – Program Studi Kimia dan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta kembali mengadakan studium general yang dikhususkan untuk mahasiswa kimia dan pendidikan kimia angkatan 2013. Dengan mengangkat tema “Teaching Chemistry Collaboratively and Contextually”, stadium general kali ini menghadirkan Mauro Mocerino, Ph.D, seorang professor dari Department of Chemistry di Curtin university sebagai narasumber dan pembicara stadium general ini.

Mahasiswa memadati ruang 1.6-1.7 Gd. FMIPA UNJ

Mahasiswa memadati ruang 1.6-1.7 Gd. FMIPA UNJ

Studium general yang berlangsung pada pukul 9:30 ini diawali dengan memperkenalkan curtin university mengenai  lokasi, jurusan, dan kelebihan berkuliah S2 di curtin university oleh Mauro Mocerino, Ph.D. Dalam stadium general ini, professor Mauro Mocerino tidak hanya menjelaskan mengenai teknik mengajar kimia secara kontekstual dan kolaboratif, namun beliau juga menyampaikan beberapa teori dan prinsip dalam kimia umum seperti wujud materi, representative molekul organic dan senyawa.

Kegiatan Stadium general dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama diajukan oleh salah seorang mahasiswa Pendidikan Kimia semester 5, Nikmah, ia menanyakan bahwa bagaimana cara memahami kimia dengan baik ketika harus melakukan praktikum yang begitu banyak? Dalam menjawab pertanyaan ini professor Mauro Mocerino menjelaskan bahwa sebagai mahasiswa hal pertama yang harus ditekankan dalam pembelajaran adalah pemahaman konsep. Sehingga dari awal kita sudah memastikan bahwa kita memahami konsep yang dipelajari dengan baik.

Nikmah, Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia 2013

Nikmah, Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia 2013

Pertanyaan selanjutnya dari Sefti, mahasiswa pendidikan kimia yakni mengenai cara mengaplikasiakan pembelajaran kontekstual dan kolaboratif ketika mengajar. Prof. Mauro berpendapat bahwa untuk mewujudkan pembelajaran kontekstual dan kolaboratif, teori yang siswa pelajari langsung dihubungkan dengan kejadian yang ada di kehidupan sehari-harinya dan menggunakan berbagai media pendukung pembelajaran.

Sefti, Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia 2013

Sefti, Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia 2013

Studium general yang berlangsung selama 3 jam ini diakhir dengan closing statement oleh salah satu Dosen Pendidikan Kimia UNJ, Yuli Rahmawati, Ph.D. beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang guru, jangan menyampaikan seluruh informasi kepada siswa. Karena itu tidak akan membantu siswa dalam pembelajaran. Namun buatlah siswa tertarik dengan apa yang kita berikan sehingga ada kemauan dalam diri siswa untuk mencari informasi  tersebut lebih lanjut.

Mauro Mocerino, Ph.D dan Ibu Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D

Mauro Mocerino, Ph.D dan Ibu Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D

Studium general ditutup dengan pemberian kenang-kenang dari pihak jurusan kimia UNJ oleh Bapak Suhartono, M.Kes. kepada Mauro Mocerino, Ph.D.

Bapak Suhartono, M.Kes. dan Mauro Mocerino, Ph.D.

Bapak Suhartono, M.Kes. dan Mauro Mocerino, Ph.D.

Penulis: Anna Rahmadianty