Close

September 21, 2019

Belajar menyusun PKM (Program Kreatif Mahasiswa) melalui WPKM

Jakarta – Sabtu tanggal 21 September 2019, telah diadakan acara Workshop PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa oleh Departemen Pengembangan Keilmiahan dan Akademik BEM Prodi Kimia. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh dua MC, yaitu Sulis (Pendidikan Kimia 2018) dan Annisa (Pendidikan Kimia 2018) dengan peserta dari Prodi Kimia berjumlah 28 orang. Acara diawali dengan pembukaan, sambutan dari ketua pelaksana yakni, Reny Juniar (Kimia 2018) dan sambutan dari ketua BEMP Kimia, Ivan Fadilah (Kimia 2017).

Acara inti yaitu penyampaian materi mengenai PKM dan sharing pengalaman mengikuti PKM oleh pembicara yang merupakan Ketua Pelaksana PKM Peraih Dana Hibah Program Kreativitas Mahasiswa periode 2019 yang juga merupakan Mahasiswa Kimia 2015 yakni, Muhamad Ismail dan Hafiza Muslimah. Untuk mengasah kemampuan peserta dalam mencari ide dan menuliskan PKM, dilakukan sesi pelatihan pembuatan proposal PKM yang sederhana oleh peserta selama 20 menit, peserta dengan semangat membentuk tim berisi 3-5 orang dan bediskusi mengenai PKM buatan mereka. Saat PKM diperiksa oleh pemateri, acara diisi dengan sesi talkshow bersama pembicara yakni, Hafiza Muslimah, yang dimoderatori Annisa Auliya (Kimia 2017). Selanjutnya, PKM yang telah dibuat oleh peserta, 3 tim terbaik mempresentasikan hasil idenya dan dinililai oleh pembicara, kemudian dipilihlah tim pemenang dalam acara Workshop PKM.

Terakhir acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang dan penutup oleh pembawa acara pada pukul 11.50 WIB.

-NA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *