Close

Dosen dan Mahasiswa Kimia UNJ Mengikuti Kuliah Umum dengan Penerima Nobel Bidang Kimia Tahun 2016

Jakarta, 4 Maret 2020 – Telah dilaksanakan Kuliah Umum Penerima Nobel Bidang Kimia Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN. Sebanyak sembilan orang perwakilan mahasiswa dan dua orang perwakilan dosen dari Universitas Negeri Jakarta menghadiri kegiatan ini. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium B. J. Habibie, Gedung II BPPT lantai III, Jalan M. H. Thamrin No. 8, Jakarta Pusat. Materi dalam kegiatan ini disampaikan oleh Profesor Bernard Lucas Feringa, seorang penerima nobel bidang Kimia dari Belanda, yang berhasil menemukan mesin terkecil di dunia atau molecular machine.

 

Sesampai di auditorium, peserta kuliah dihibur dengan lagu yang disampaikan oleh dua orang penyanyi. Lalu, acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan doa agar kegiatan berjalan lancar. Kemudian, Ketua Kementerian Ristek/BRIN menyampaikan sambutannya dan dilanjut dengan foto bersama antara Ketua Kemenristek/BRIN, Profesor Ben Feringa, dan tamu VIP. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Profesor Ben Feringa. Beliau menyampaikan materi dengan tema “The Joy of Discovery“.

 

Profesor Ben juga memaparkan hasil temuannya, yakni molecular motor yang dikendalikan oleh cahaya. Molecular motor ini berukuran 4 nm dan terbuat hanya dari beberapa molekul. Molecular motor ini dapat berfungsi sebagai alat untuk mengantarkan obat ke bagian spesifik di dalam tubuh dan beberapa fungsi lain. Terakhir, Profesor Ben menutup materinya dengan memotivasi kita semua, bahwa cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menemukannya. Setelah selesai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penutupan. Dengan ditutupnya acara ini, berarti kegiatan sudah selesai.

 

 

-[AA].