Close

January 15, 2020

Olimpisme Gathering Rumpun Kimia 2020

Jakarta – Pada tanggal 15 Januari 2020 telah diadakan Olimpisme Gathering Rumpun Kimia yang bertemakan Citius, Altius, dan Fortius  dengan slogan acara Excellent, Respect, dan Friendship. Sesuai dengan slogan yang disampaikan olimpisme gathering rumpun kimia diadakan dengan tujuan mempererat rasa pertemanan antara mahasiswa/i program studi kimia dan program pendidikan kimia. Olimpisme Gathering Rumpun Kimia dilaksanakan di Kebun Raya Bogor.

Acara dimulai dengan pengondisian serta presensi mahasiswa sebelum berangkat bersama ke Kebun Raya Bogor. Setelah sampai, materi dimulai dengan pengertian Citius, Altius, dan Fortius oleh Perwakilan Dosen Olimpisme Rumpun Kimia. Dijelaskan bahwa Citius, Altius, dan Fortius berasal dari bahasa Latin. Citius, Altius, dan Fortius merupakan motto olimpiade pada masa Yunani Kuno. Tiga kata bahasa Latin ini memiliki arti lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat. Baron Pierre de Coubertin, pendiri Komite Olimpiade Internasional (IOC), pada 1894, menjadikan “tiga kata” ini sebagai motto Olimpiade. Selanjutnya dilanjutkan materi oleh perwakilan dosen fisika UNJ yang  tentang Olimpisme dan Olimpiade secara lebih mendalam, seperti awal mula olimpiade, serta filosofinya. Dimana kala itu (dan sampai sekarang) olimpiade merupakan ajang terkenal yang digunakan sebagai cara mempererat hubungan antara para gladiator dengan berkompetisi secara adil untuk berlomba menjadi yang tercepat, tertinggi dan terkuat (seperti yang sudah dijelaskan pada motto olimpiase sebelumya).

Olimpisme Gathering yang dilaksankan hampir sehari penuh tersebut memberikan ilmu kepada mahasiswa Rumpun Kimia tahun 2019 agar mempererat hubungan yang ada antara kedua program studi serta berlomba secara sehat dalam bidang akademik.

-CD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *