Close

October 2, 2019

Pengabdian kepada Masyarakat di SDIT Ibadurrahman Ciruas

Jakarta – Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan dosen berkewajiban untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, tujuan dari pengabdian kepada masayarakat adalah untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Seluruh dosen pendidikan kimia Universitas Negeri Jakarta melakukan pengabdian kepada masyarakat pada Rabu, 2 Oktober 2019 di SDIT Ibadurrahman Ciruas, Serang.
SDIT Ibadurrahman merupakan sekolah yang memiliki banyak prestasi. Salah satu prestasinya, yaitu juara kedua pada lomba budaya mutu tingkat kabupaten.

Pengabdian kepada masyarakat ini tentang “Peningkatan Digital Literasi dan Kompetensi Pembelajaran dalam Mendidik Generasi Milenial Era Revolusi 4.0”.

Kegiatan diawali dengan penampilan angklung dan pencak silat dari peserta didik SDIT Ibadurrahman untuk menyambut kedatangan tim pengabdian masyarakat. Kemudian, sambutan dari ketua program studi pendidikan kimia dan ketua yayasan SDIT Ibadurrahman. Acara selanjutnya adalah penyerahan cindera mata oleh ketua program studi pendidikan kimia, yaitu Dr. Maria Paristiowati, M.Si kepada ketua Yayasan SDIT Ibadurrahman.

Pengabdian kepada masyarakat terdiri dari dari beberapa rangkaian, yaitu
1. Pelatihan model-model pembelajaran bagi guru untuk mengembangkan kompetensi abad 21 oleh Dr. Maria Paristiowati, M.Si dan Ella Fitriani, M.Pd
2. Pelatihan proyek sains pengolahan limbah plastik bagi siswa sekolah dasar oleh Dr. Hanhan Dianhar, M.Si dan Yussi Pratiwi, M.Sc

Kegiatan ini mendapatkan feedback positif dari peserta didik dan guru yang antusiasme terhadap rangkaian acara ini. Salah satu guru yang menghadiri kegiatan ini berharap untuk mengadakan kegiatan lanjutan dari pengabdian kepada masyarakat karena dapat bermanfaat untuk guru maupun peserta didik serta dapat mengaplikasikan di lingkungan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *