Close

July 21, 2019

Seminar Kaizen: Mengenal Lean Kaizen dan Validasi

Jakarta – Pada tanggal 21 Juli 2019 telah diadakan seminar Introduction Kaizen, Lean Tools dan Metode Validasi yang diisi materi oleh Pak Teguh, Alumni Kimia UNJ tahun 2010. Seminar dilaksanakan di ruang sidang lantai 6 Gedung KHA, Kampus A Rawamangun.

Materi dimulai dari pengertian Lean, yaitu perubahan sesuatu untuk menekan biaya produksi, dan aspek-aspek dari Lean. Lalu dilanjut Keizen yaitu perubahan sistem prosedur menjadi lebih terbarui. Kaizen merupakan suatu Tool atau metode. Dilanjutkan dengan materi Validasi yang didasarkan pada klausul 7 di ISO 9001:2015.

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan oleh sebuah laboratorium, metode standar seperti ASTM, Metode terpublikasi seperti jurnla imiah dan metode yang dikembangkan sendiri oleh laboratorium. Validasi dilakukan agar memastikan metode yang digunakan sesuai dengan standar. Dibahas pula mengenai LOQ dan LOD, batas minimum konsentrasi pengujian. Terakhir di berikan apa itu GMP atau Good Manufacture Practice untuk sebuah laboratorium.

Seminar yang dilaksankan hampir sehari penuh tersebut memberikan ilmu kepada mahasiswa Prodi Kimia tahun 2016 agar lebih mempersiapkan diri menyambut Praktik Kerja Lapangan di bulan Agustus. Dengan begitu, mahasiswa tidak terlalu ‘kaget’ dengan banyaknya ilmu dari perusahaan atau lembaga kerja.

-NA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *