Close

November 24, 2019

Studium Generale: Berbagi Pengalaman Praktek Kerja Lapangan

Jakarta- Pada Rabu 18 September 2019 telah berlangsung Studium Generale & Sharing PKL Mahasiswa 2016 Program Studi Kimia  yang diselenggarakan oleh Prodi Kimia UNJ di Aula Maftuchah, Gedung Dewi Sartika Lt. 2, Kampus A UNJ dalam rangka pengenalan dunia kerja dibidang kimia sekaligus pengenalan mata kuliah peminatan baru yaitu PKL yang diambil oleh mahasiswa kimia angkatan 2016 untuk mahasiswa lain yang nantinya akan mengambil mata kuliah ini disemester selanjutnya.

 Sharing PKL dimulai dengan pembukaan dan kata sambutan dari Koordinator Prodi Kimia dan dilanjutkan dengan presentasi atau penyampaian hasil pengamatan mengenai sistematika kerja dalam suatu perusahaan, dan proses produksinya serta membagikan pengalaman bekerja di dunia industri selama kurang lebih satu bulan PKL. PKL ini dilakukan di berbagai perusahaan dan pusat penelitian ternama diberbagai daerah di Indonesia. Yaitu sebagai berikut :

  1. LAPAN Bandung
  2. PT Kujang Cikampek
  3. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITRO)
  4. PT Connel Bersaudara Chemindo
  5. PT Indofood CBP Sukses Makmur
  6. Balai Besar Uji Karantina Pertanian (BBSKP)
  7. Badan Standarisasi Nasional (BSN)
  8. PT Pertamina Lubricant
  9. Puslabfor Kalimalang

PKL yang dilaksanakan di perusahaan dan balai penelitian tersebut berjalan lancar dan sukses. Dapat dilihat dari presentasi yang disampaikan oleh mahasiswa yang melaksanakan PKL tersebut, mereka dapat menjelaskan dan menyampaikan pengalaman magangnya di tempat-tempat tersebut dengan baik dan dapat menjelaskan proses produksi dari perusahaan atau balai penelitian yang di tempatinya.

Mahasiswa yang melakukan PKL akan mendapatkan pembimbing dari setiap perusahaan atau balai penelitian, sehingga mahasiswa dapat mengerjakan tuas-tugasnya dengan baik, seperti para pekerja lain di perusahaan atau balai penelitian tersebut.

Selanjutnya sharing PKL ini menjadi lebih menarik karena ada dua pemateri hebat yang  memberikan tips dan trik serta ilmunya dalam menghadapi dunia kerja yang tidak lama lagi akan kita tempuh. Kedua pemateri tersebut adalah Dr. Nurudin Budiman, M.Si selaku Regional Director PT. Connel dan Imron Sahali Achmad, S.Si selaku Corporate Environment PT. Solusi Bangun Indonesia(Holcim).

Pesan Pak Nurudin untuk para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja, diantarannya adalah menjadikan CV pertama selayaknya sidangskripsi sehingga kita akan sangat mempersiapkan dengan sebaik-baiknya agar kita dapat diterima di suatu perusahaan yanh kita inginkan. Dan bersifatlah jujur dengan segala kemampuan yanh kita miliki. Dan beliau juga mengatakan bahwa Screening pertama saat melamar pekerjaan itu tetap nilai IPK. Sehingga kita dapat mempersiapkan itu semua dengan sangat matang dan baik.

Selanjutnya pesan yang disampaikan oleh Pak Imron diantaranya adalah, mempersiapkan CV dengan semenarik mungkin. Karena perusahaan yang belum mengenal atau melihat kita, hanya bisa memahami sedikit banyak tentang kemampuan, kelebihan dan kekurangan kita lewat CV yang dilampirkan. Dan pelajarilah kelebihan kita, yakinlah bahwa kita  bisa.

Studium generale dan sharing PKL berlangsung dari pukul 08.00 s/d 13.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Kimia dari angkatan 2016-2019. Dan acara ini berlangsung lancar dan sukses, dengam banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada para pemateri. Dari acara ini, diharapkan mahasiswa angkatan 2016-2019 dapat lebih siap dan memiliki bayangan dunia kerja dengan berbekal ilmu-ilmu dasar yang harus dimiliki mahasiswa dari penyampaian kedua pemateri dan sharing PKL oleh mahasiswa 2016.

-MGS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *