Category Archives: Kemahasiswaan

Partisipasi Mahasiswa dalam Konferensi Internasional

Wawasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi tidak hanya terfokus pada kajian ilmu pendidikan, namun juga menekuni bidang ilmu biologi bahkan seringkali terlibat dalam kegiatan penelitian biologi. Kegiatan penelitian tersebut tidak jarang yang berhasil dikelola dengan baik sehingga data yang diperoleh dapat digunakan untuk publikasi baik seminar atau jurnal. Pada kali ini, sebuah tim peneliti mahasiswa berhasil untuk membuat suatu tulisan yang diterima untuk disajikan dalam International Conference on Biological Science (ICBS) yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada pada tanggal 18 – 19 September 2015 lalu. Karunia Arini dan Talita Auliandina adalah dua mahasiswa yang mewakili tim tersebut untuk menceritakan hasil karya dan pengalamannya kepada masyarakat ilmiah biologi yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah baik nasional atau internasional sangat perlu untuk terus dilanjutkan. Selanjutnya, Program Studi Biologi akan lebih mendorong dan mendukung seluruh mahasiswa untuk menulis dan mempublikasikan hasil karya ilmiahnya. Dukungan ini tidak hanya dalam bentuk motivasi spiritual namun juga diusahakan untuk memberi bantuan dana kepada mahasiswa yang berhasil memperoleh prestasi serupa.

BIOLOGY LEARNING FESTIVAL 2015

COMING SOON … BIOLEAF (BIOLOGY LEARNING FESTIVAL) 2015 !!
Biology Learning Festival (BIOLEAF) yang diadakan rutin tiap tahun sebagai program kerja BEMJ Biologi FMIPA UNJ tahun ini mengusung tema “Explore Fauna Indonesia”.

Adapun bentuk-bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan pada rangkaian acara BIOLEAF (BIOLOGY LEARNING FESTIVAL) 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Olimpiade Biologi Nasional

Olimpiade biologi adalah salah satu rangkaian acara BIOLEAF (Biology Learning Festival) 2014 yang menguji kompetisi akademik murid dalam bidang biologi dengan target 500 Peserta siswa/i SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Nasional.

Olimpiade biologi dalam pelaksanaannya terdiri dari tiga babak:

  • Babak I (Penyisihan) berupa tes tertulis yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda, 25 butir soal tipe A dan 15 butir soal tipe B dalam waktu pengerjaan selama 100 menit.
  • Babak II (semi final) berupa tes tertulis yang terdiri dari 50 butir soal praktikum (Makrobiologi dan mikrobiologi) yang dikerjakan dalam waktu 1 menit setiap soal tersebut.
  • Babak III (final) merupakan lomba cerdas cermat atau cepat tepat yang terbagi menjadi tiga sesi dan setiap sesi peserta menjawab 10 soal pilihan dan 2 soal analisis.
  1. Bio-Art
  • Lomba Fotografi

Setiap peserta kegiatan memberikan foto berhubungan dengan tema untuk dilombakan, dengan ketentuan:

  • Foto orisinil karya peserta dan tidak pernah dipublikasikan.
  • Foto tidak pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  • Foto dalam bentuk softcopy (max. 10 MB) dan hardcopy berukuran 10R.
  • Lomba Video

Setiap peserta kegiatan memberikan video berhubungan dengan tema untuk dilombakan, dengan ketentuan:

  • Video orisinil karya peserta dan tidak pernah dipublikasikan.
  • Video tidak pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  • Video dalam bentuk CD (max. 50 MB).
  • Lomba Poster

Setiap peserta kegiatan memberikan poster berhubungan dengan tema untuk dilombakan, dengan ketentuan:

  • Poster orisinil karya peserta dan tidak pernah dipublikasikan.
  • Poster tidak pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  • Poster dapat berupa gambar tangan ataupun produk desain grafis.
  • Poster dalam bentuk softcopy (max. 20 MB) dan hardcopy berukuran A3.
  1. Seminar Nasional

Pada rangkaian acara BIOLEAF (Biology Learning Festival) 2015 terdapat pula Seminar Nasional.

Seminar Nasional BIOLEAF 2015 mengangkat tema Endemic Fauna and Their Dinamics tujuan dari seminatr ini agar mahasiswa dapat mengetahui dan menyadari pentingnya mengupayakan perlindungan satwa langka, serta memberikan informasi terkait satwa langka yang ada di Indonesia. Bentuk dari kegiatan ini adalah seminar dengan model diskusi panel. Bahan yang akan didiskusikan pada seminar ini adalah spesies satwa yang Indonesia yang merupakan satwa yang terancam punah, serta permasalahan terkait terancamnya keberadaan satwa yang berada di Indonesia.

Pembicara

  1. Sunarto (Koordinator Konservasi Gajah dan Harimau

Kegiatan Pengelolaan Sampah Kelapa

Masalah energi terbarukan yang akhir akhir ini sering disinggung beberapa kalangan menjadi sebuah berita hangat. Dari mulai pembuatan minyak bakar hingga mobil dengan energi surya. Tetapi terkadang beberapa di antaranya melupakan apakah ‘energi baru’ itu bisa sekaligus mengurangi masalah lingkungan yang ada di sekitar atau bahkan menambah masalah baru di sekitar.

Menengok masalah lingkungan yang ada di sekitaran Kayu Putih, Jakarta Timur, kami Tim PKM FMIPA UNJ berinisiatif membuat sebuah program pengabdian masyarakat untuk mengolah sampah kelapa yang ada di daerah tersebut menjadi sebuah produk energi terbarukan.

Dengan membuat alat sederhana untuk mengolah sampah kelapa menjadi sebuah briket serabut kelapa menjadikan sampah kelapa yang ada daerah tersebut bisa ditanggulangi sekaligus membuat bahan bakar dari briket serabut kelapa.

Diharapkan nantinya program ini tak hanya menjadi sebuah program tapi juga menjadi jawaban masalah sampah kelapa yang ada di lingkungan kita bukan hanya sekedar di daerah kayu jati saja. Tetapi bisa dikembangkan di seluruh daerah dengan masalah yang sama.

Kegiatan SIMBOL dan LDMPL

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan Eksektutif Mahasiswa Jurusan (BEMJ) mengadakan suatu kegiatan menarik yang konteksnya hampir serupa dengan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang diselenggarakan oleh Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang ilmu biologi. Kegiatan ini tidak dikhususkan hanya kepada mahasiswa program studi Biologi, namun juga mencakup mahasiswa program studi pendidikan biologi. Hal ini disebabkan bahwa berdasarkan hasil sharing dengan alumni pendidikan biologi diperoleh suatu catatan tentang kompetensi seorang guru atau tenaga pengajar yang diperlukan dalam dunia pendidikan saat ini bukan hanya kemampuan mengajarnya saja, namun juga wawasan dan ilmu terbaru yang mereka miliki termasuk kemampuan mengelola suatu penelitian ilmiah yang selanjutnya dapat disalurkan kepada siswa yang mereka ajar. Tahun ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Halimun pada tanggal 14 – 17 Mei 2015. Tema dari kegiatan ini pun sangat beragam mencakup kajian biodiversitas dan juga penelitian berhipotesis. Hasil yang diperoleh selanjutnya akan dipublikasikan dalam bentuk seminar internal di lingkungan Kampus UNJ.