Category Archives: Penelitian

Partisipasi Mahasiswa dalam Konferensi Internasional

Wawasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi tidak hanya terfokus pada kajian ilmu pendidikan, namun juga menekuni bidang ilmu biologi bahkan seringkali terlibat dalam kegiatan penelitian biologi. Kegiatan penelitian tersebut tidak jarang yang berhasil dikelola dengan baik sehingga data yang diperoleh dapat digunakan untuk publikasi baik seminar atau jurnal. Pada kali ini, sebuah tim peneliti mahasiswa berhasil untuk membuat suatu tulisan yang diterima untuk disajikan dalam International Conference on Biological Science (ICBS) yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada pada tanggal 18 – 19 September 2015 lalu. Karunia Arini dan Talita Auliandina adalah dua mahasiswa yang mewakili tim tersebut untuk menceritakan hasil karya dan pengalamannya kepada masyarakat ilmiah biologi yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah baik nasional atau internasional sangat perlu untuk terus dilanjutkan. Selanjutnya, Program Studi Biologi akan lebih mendorong dan mendukung seluruh mahasiswa untuk menulis dan mempublikasikan hasil karya ilmiahnya. Dukungan ini tidak hanya dalam bentuk motivasi spiritual namun juga diusahakan untuk memberi bantuan dana kepada mahasiswa yang berhasil memperoleh prestasi serupa.

Observasi Kukang di Garut

Dalam rangka kerjasama dengan Francis Cabana, PhD dari Oxford Brookes University. Kami mengirim dua mahasiswa untuk ikut serta dalam kegiatan observasi lapangan yang dipimpin langsung oleh Francis. Observasi tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pakan apa saja yang dimakan oleh Kukang. Dalam kegiatan observasi tersebut, dua mahasiswa dari Biologi merasa sangat bahagia karena dapat mendapat banyak pengalaman menarik, khususnya dengan perilaku alami Kukang, dan juga mendapat pengetahuan terbaru mengenai teknik-teknik dan alat-alat yang digunakan dalam mempelajari nutrisi pada Kukang.

Kegiatan SIMBOL dan LDMPL

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan Eksektutif Mahasiswa Jurusan (BEMJ) mengadakan suatu kegiatan menarik yang konteksnya hampir serupa dengan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang diselenggarakan oleh Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang ilmu biologi. Kegiatan ini tidak dikhususkan hanya kepada mahasiswa program studi Biologi, namun juga mencakup mahasiswa program studi pendidikan biologi. Hal ini disebabkan bahwa berdasarkan hasil sharing dengan alumni pendidikan biologi diperoleh suatu catatan tentang kompetensi seorang guru atau tenaga pengajar yang diperlukan dalam dunia pendidikan saat ini bukan hanya kemampuan mengajarnya saja, namun juga wawasan dan ilmu terbaru yang mereka miliki termasuk kemampuan mengelola suatu penelitian ilmiah yang selanjutnya dapat disalurkan kepada siswa yang mereka ajar. Tahun ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Halimun pada tanggal 14 – 17 Mei 2015. Tema dari kegiatan ini pun sangat beragam mencakup kajian biodiversitas dan juga penelitian berhipotesis. Hasil yang diperoleh selanjutnya akan dipublikasikan dalam bentuk seminar internal di lingkungan Kampus UNJ.

Pelatihan analisis PCR – Virtual dan dan hands on pippeting dan spektrofotometri

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi pertemuan praktikum genetika molekuler yang sedianya tertunda karena fasilitas lab yang terbatas dan jadwal perkuliahan yang berbenturan. Kegiatan ini sedianya sangat membantu menyelesaikan masalah yang sedang dialami, selain itu juga mahasiswa akan mendapatkan materi pengajaran dari saya dengan keleluasaan alat penunjang teori (opersional alat dan proses virtualnya dibantu oleh Pak Putra), mahasiswa juga dapat mengenal alat-alat molekuler yang advance jauh lebih baik.

Proses membentuk MOU dengan PT. REA Plantation Kaltim

Menerima tawaran yang diberikan oleh PT. Rea Plantation Kaltim, saat ini Program Studi Biologi dan Pendidikan Biologi sedang membuat MOU yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Agustus 2015. MOU ini merupakan MOU mengenai tawaran kegiatan penelitian di lingkungan Hutan Konservasi PT. REA Plantation Kaltim. Jika program kerjasama ini terbentuk, maka selanjutnya Program Studi Biologi dan Pendidikan Biologi akan mengirim mahasiswa secara kontinue untuk melakukan penelitian disana. Selain itu, kabar baik untuk mahasiswa adalah biaya yang diperlukan mulai dari persiapan hingga selesai penelitian akan ditanggung sepenuhnya oleh PT. REA Kaltim.