Category Archives: Pendidikan

Partisipasi Mahasiswa dalam Konferensi Internasional

Wawasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi tidak hanya terfokus pada kajian ilmu pendidikan, namun juga menekuni bidang ilmu biologi bahkan seringkali terlibat dalam kegiatan penelitian biologi. Kegiatan penelitian tersebut tidak jarang yang berhasil dikelola dengan baik sehingga data yang diperoleh dapat digunakan untuk publikasi baik seminar atau jurnal. Pada kali ini, sebuah tim peneliti mahasiswa berhasil untuk membuat suatu tulisan yang diterima untuk disajikan dalam International Conference on Biological Science (ICBS) yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada pada tanggal 18 – 19 September 2015 lalu. Karunia Arini dan Talita Auliandina adalah dua mahasiswa yang mewakili tim tersebut untuk menceritakan hasil karya dan pengalamannya kepada masyarakat ilmiah biologi yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah baik nasional atau internasional sangat perlu untuk terus dilanjutkan. Selanjutnya, Program Studi Biologi akan lebih mendorong dan mendukung seluruh mahasiswa untuk menulis dan mempublikasikan hasil karya ilmiahnya. Dukungan ini tidak hanya dalam bentuk motivasi spiritual namun juga diusahakan untuk memberi bantuan dana kepada mahasiswa yang berhasil memperoleh prestasi serupa.

Pelatihan analisis PCR – Virtual dan dan hands on pippeting dan spektrofotometri

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi pertemuan praktikum genetika molekuler yang sedianya tertunda karena fasilitas lab yang terbatas dan jadwal perkuliahan yang berbenturan. Kegiatan ini sedianya sangat membantu menyelesaikan masalah yang sedang dialami, selain itu juga mahasiswa akan mendapatkan materi pengajaran dari saya dengan keleluasaan alat penunjang teori (opersional alat dan proses virtualnya dibantu oleh Pak Putra), mahasiswa juga dapat mengenal alat-alat molekuler yang advance jauh lebih baik.

Kuliah umum dengan Francis Cabana dan Prof. Tilaar

Program studi Biologi mengundang dua orang tamu spesial untuk mengisi kuliah umum pada bulan april 2015. Dua pembicara tersebut akan menjelaskan tentang konservasi dari satwa langka, yaitu kukang (Nycticebus javanicus). Dua pembicara itu adalah Francis Cabana, PhD dari Oxford Broke University dan Prof. Dr. HAR Tilaar, M.Sc.Ed dari UNJ. Fokus arah diskusi tepatnya lebih mengarah kepada nutrisi yang dikonsumsi oleh kukang dan juga tentang pengetahuan dan sikap masyarakat sekitar dalam menjaga kelestarian kukang. Melihat sekilas dari rincian isi dari kuliah umum tersebut dapat diketahui bahwa kegiatan ini sangat menambah wawasan untuk kita semua. Oleh karena itu, Program Studi Biologi berencana untuk mem-follow-up kegiatan ini.