Category Archives: Seminar

Teaching Quality

Seminar dan Workshop Pendidikan

mengenai Teaching Quality oleh:

dr. Michelle Helms-Lorenz dan dr. Ridwan Maulana

(University of Groningen, Belanda)

Workshop diadakan pada tanggal 16 Desember 2015 di Lantai 8 Gedung M. Syafe’i Universitas Negeri Jakarta mulai dari jam 08.00 – 16.00.

Seminar akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2015 di Ruang Maftuhah Yusuf, Universitas Negeri Jakarta mulai dari jam 08.00 – 12.00.

cek untuk brosur pada link ini.

Internalisasi Hasil Penelitian Biologi Mutakhir

Pepatah mengatakan jika suatu pengetahuan akan lebih baik jika diperkenal dari sejak dini. Konsep tersebut kami gunakan untuk menanamkan ilmu pengetahuan tentang pendidikan biologi kepada mahasiswa baru dengan merancang suatu kegiatan seminar yang dikenal dengan STUDIUM GENERALE. Kegiatan tersebut memang khusus ditargetkan kepada mahasiswa baru dan kali ini mahasiswa yang diwajibkan untuk hadir adalah mahasiswa angkatan 2013 dan 2014. Harapan dari kegiatan ini adalah sebagai bekal untuk mahasiswa baru kedepannya dalam melaksanakan perkuliahan dan juga melakukan penelitian. Akan tetapi, tema kali ini lebih diperluas dengan konsep yang diharapkan dapat diimplementasikan oleh mahasiswa saat mereka telah terjun ke dunia pekerjaan, khususnya yang menjadi tenaga pendidik atau guru. Dengan mengambil tema: Internalisasi Hasil Penelitian Biologi Mutakhir ke dalam Pembelajaran Biologi, tanggal 21 Oktober 2015 hampir semua mahasiswa baru sangat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan oleh seorang pakar dari Universitas Pendidikan Indonesia (Dr. Wahyu Surakusumah, S.Si, MT).

Paparan tersebut membuka wawasan dan menuai rasa skeptis mahasiswa untuk mengetahui lebih dalam mengenai tema yang disampaikan. Banyak mahasiswa mengajukan pertanyaan kritis yang intinya adalah pertanyaan tentang bagaimana cara mereka mengimplementasi hasil penelitian tentang biologi terkini ke dalam proses pengajaran yang akan mereka lakukan. Pertanyaan tersebut nampaknya suatu respon dan tekad dari mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan tema yang mereka peroleh saat mereka mengajar kelak.