Kegiatan Pengelolaan Sampah Kelapa

Masalah energi terbarukan yang akhir akhir ini sering disinggung beberapa kalangan menjadi sebuah berita hangat. Dari mulai pembuatan minyak bakar hingga mobil dengan energi surya. Tetapi terkadang beberapa di antaranya melupakan apakah ‘energi baru’ itu bisa sekaligus mengurangi masalah lingkungan yang ada di sekitar atau bahkan menambah masalah baru di sekitar.

Menengok masalah lingkungan yang ada di sekitaran Kayu Putih, Jakarta Timur, kami Tim PKM FMIPA UNJ berinisiatif membuat sebuah program pengabdian masyarakat untuk mengolah sampah kelapa yang ada di daerah tersebut menjadi sebuah produk energi terbarukan.

Dengan membuat alat sederhana untuk mengolah sampah kelapa menjadi sebuah briket serabut kelapa menjadikan sampah kelapa yang ada daerah tersebut bisa ditanggulangi sekaligus membuat bahan bakar dari briket serabut kelapa.

Diharapkan nantinya program ini tak hanya menjadi sebuah program tapi juga menjadi jawaban masalah sampah kelapa yang ada di lingkungan kita bukan hanya sekedar di daerah kayu jati saja. Tetapi bisa dikembangkan di seluruh daerah dengan masalah yang sama.