Enter your keyword

post

Biology Education Community dan Sosialisasi PKM

Biology Education Community dan Sosialisasi PKM

Alhamdulillah kegiatan ini telah usai dilaksanakan pada :

hari, tanggal       : Rabu, 17 Oktober 2018

waktu                   : 13.00-14.35

tempat                 : Ruang 207-208 Gedung Hasyim Ashari Kampus A UNJ

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Rizhal Hendi R., S.Pd, M.Pd  .Setelah pemaparan materi selesai, yakni sekitar pukul 14.10, Ketua BEMP Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNJ memberikan sertifikat kepada pembicara. Barulah setelah itu dilaksanakan kegiatan bimbingan PKM oleh mahasiswa kepada masing-masing dosen Pembimbing Akademik. Kegiatan bimbingan PKM ini dilaksanakan kurang lebih dalam waktu 25 menit. Adapun materi yang disampaikan oleh masing-masing dosen pembimbing akademik meliputi diskusi tentang ide-ide PKM mahasiswa yang ingin dimajukan supaya lolos PIMNAS, jadwal bimbingan selanjutnya,dll.

Peserta dalam kegiatan ini yaitu mahsiswa Pendidikan Biologi FMIPA UNJ angkatan 2016, yang terdiri atas 2 kelas. Sebelum materi dimulai, mahasiswa melakukan presensi terlebih dahulu. Barulah di akhir kegiatan mahasiswa mendapatkan snack yang telah disediakan.

Materi kegiatan dipaparkan melalui presentasi dengan power point oleh Dr. Rizhal Hendi R., S.Pd, M.Pd  . Sedangkan untuk acara selanjutnya, yakni kumpul dengan Pembimbing Akademik masing-masing dilaksanakan dengan diskusi antar mahasiswa dan dosen Pembimbing Akademik masing-masing.

Sebelumnya dilaksanakannya kegiatan ini, pada hari Senin,15 Oktober 2018 yang bertempat di Gedung Dewi Sartika Lt.10 Kampus A UNJ, telah dilaksanakan Biology Education Community(BEC) dengan tema sosialisasi PKM oleh Kak Adiati Bintari Ayuningtias, S.Si . Materi yang dibawakan oleh Kak Adiati yaitu tentang tata cara penulisan PKM, sharing pengalaman dalammenulis PKM, dan memaparkan panduan PKM serta memberikan contoh-contoh judul PKM dari berbagai bidang.

Kegiatan BEC ini dibuka oleh MC, yaitu Achmad Fathoni dan Alfira Lestiani dengan dihadiri oleh mahasiswa rumpun biologi dari angkatan 2016, 2017, dan 2018. Setelah penyampaian materi, banyak diantara audience yang mengajukan pertanyaan. Setelah itu, kegiatan ini ditutup dengan pemberian sertifikat oleh Cahyo Nugroho selaku Kadept Pendidikan dan Penelitian BEMP Pendidikan Biologi FMIPAUNJ 2018-2919.

Implementasi kegiatan yang diharapkan melalui kegiatan ini yakni mahasiswa dapat meningkatkan kreativitas dan motivasinya dalam menulis PKM, sehingga PKM yang dibuat dapat diajukan dapat lolos dan didanai oleh DIKTI.