Enter your keyword

Kurikulum

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 

Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi mengacu pada capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut:

a. Sikap 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa bertanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi nilai kemandirian dan kewirausahaan;
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik.
  12. Menginternalisasi nilai-nilai unggul, jujur, kompetitif, dan kepemimpinan dalam berbagai aktivitas.

b. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai  humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

c. Pengetahuan

  1. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
  2. Memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan;
  3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran;
  4. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  5. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian;
  6. Menganalisis konten biologi sel dan molekuler, struktur dan perkembangan, biosistematika dan evolusi, fisiologi, genetika, serta ekologi yang berbasis megabiodiversitas secara benar dan dengan penuh tanggung jawab;
  7. Menerapkan konsep dasar ilmu kependidikan dan keahlian profesi pendidikan biologi, merancang pembelajaran biologi berbasis TPCK pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara tepat;
  8. Mengembangkan dan mendayagunakan sistem penilaian dan evaluasi pembelajaran biologi pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara tepat;
  9. Menemukenali karakteristik psikologi perkembangan dari aspek akademik, fisik, sosial, emosional secara tepat dan menerapkan keteladanan untuk menjadi pribadi unggul dalam lingkup satuan pendidikan dasar dan menengah serta masyarakat;
  10. Menerapkan manajemen strategis dan pengelolaan laboratorium biologi pada satuan pendidikan dasar dan menengah;
  11. Mempublikasikan hasil penelitian di bidang Pendidikan Biologi dan Biologi pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas.
  12. Mengaplikasikan kemampuan wirausaha di bidang pendidikan biologi dan biologi yang inovatif, kreatif, berdaya guna dan bertanggung jawab;

d. Keterampilan khusus

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal;
  4. Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk
    kepentingan pembelajaran;
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan, evaluasi dan pengelolaan pembelajaran;
  6. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
  7. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
  8. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan zaman;
  9. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas;
  10. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
  11. Mengintegrasikan perkembangan ilmu kependidikan biologi, biologi, dan teknologi pedagogik dalam pembelajaran dan penelitian biologi yang berbasis megabiodiversitas;
  12. Menerapkan pengelolaan kelas dan laboratorium berbasis TPCK;
  13. Mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang berkarakter dan berwawasan
    lingkungan.
  14. Mengembangkan kewirausahaan berbasis pendidikan biologi dan biologi

Kriteria Kelulusan
Mahasiswa dinyatakan lulus dari Program Studi Pendidikan Biologi jika telah menempuh minimal 145 SKS dengan indeks prestasi minimal 2.75.

 

Struktur Kurikulum

Mata kuliah yang harus diselesaikan selama masa studi minimal 145 SKS

No Kelompok SKS
1 Mata Kuliah Umum (MKU) 13
2 Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12
3 Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBKP) 106*
4 Mata Kuliah Pembelajaran (MKP) 14
Jumlah 145

*Keterangan : minimal jumlah SKS, dapat ditambah mata kuliah penunjang. sesuai kebijakan merdeka belajar, mata kuliah penunjang dapat digantikan dengan beban SKS sesuai ketentuan yang berlaku di Universitas.

Informasi lengkap mengenai sebaran mata kuliah dan deskripsi mata kuliah dapat diunduh pada link berikut ini, klik disini