Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO) Pendidikan Fisika terbagi berdasarkan Kompetensi Utama dan Kompetensi Pendukung.

KOMPETENSI UTAMA

1. Kompetensi Profesional
a.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan dasar yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA.
b.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pendukung keilmuan yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA.
c.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan mekanika yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
d.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan kalor dan termodinamika yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
e.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan gelombang dan optik yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
f.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan listrik magnet yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
g.Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan fisika modern yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
h.Menguasai hakikat profesi guru fisika.

2. Kompetensi Pedagogik
a.Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran fisika yang mendidik.
b.Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran fisika yang efektif.
c.Menguasai perencanaan dan pengembangan kurikulum.
d.Menguasai langkah-langkah pembelajaran fisika yang efektif.
e.Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan, dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran fisika.
f.Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan, dan mengembangkan media dan sumber pembelajaran berbasis TIK.

3. Kompetensi Kepribadian
a.Bertanggung jawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik.
b.Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru fisika.
c.Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

4. Kompetensi Sosial

Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan teman sejawat.

KOMPETENSI PENDUKUNG

1. Peneliti Bidang Pendidikan Fisika
a.Mampu mengevaluasi kerja secara komprehensif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategi pembelajaran.
b.Melakukan penelitian pendidikan fisika yang dapat digunakan dalam memberikan petunjuk untuk memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan.

2. Pengelola Laboratorium Fisika

Menguasai manajemen laboratorium pendidikan fisika.

3. Manajerial Bidang Pendidikan Fisika

Merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan di bawah tanggung jawabnya.