Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO) Pendidikan Fisika terbagi berdasarkan Kompetensi Utama dan Kompetensi Pendukung.

 KOMPETENSI UTAMA

1. Kompetensi Profesional

  1. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan dasar yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA.
  2. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pendukung keilmuan yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA.
  3. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan mekanika yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
  4. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan kalor dan termodinamika yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
  5. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan gelombang dan optik yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
  6. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan listrik magnet yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
  7. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan fisika modern yang mendukung pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA serta sebagai dasar studi lanjut.
  8. Menguasai hakikat profesi guru fisika.

2. Kompetensi Pedagogik

  1. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran fisika yang mendidik.
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran fisika yang efektif.
  3. Menguasai perencanaan dan pengembangan kurikulum.
  4. Menguasai langkah-langkah pembelajaran fisika yang efektif.
  5. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan, dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran fisika.
  6. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan, dan mengembangkan media dan sumber pembelajaran berbasis TIK.

3. Kompetensi Kepribadian

  1. Bertanggung jawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik.
  2. Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru fisika.
  3. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

4. Kompetensi Sosial

Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan teman sejawat.

 

KOMPETENSI PENDUKUNG

 1. Peneliti Bidang Pendidikan Fisika

  1. Mampu mengevaluasi kerja secara komprehensif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategi pembelajaran.
  2. Melakukan penelitian pendidikan fisika yang dapat digunakan dalam memberikan petunjuk untuk memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan.

2. Pengelola Laboratorium Fisika

Menguasai manajemen laboratorium pendidikan fisika.

3. Manajerial Bidang Pendidikan Fisika

Merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan di bawah tanggung jawabnya.

 

Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktek. Penilaian hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

metode penilaian

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika tingkat sarjana (S1) terdiri dari mata kuliah yang terdistribusi ke dalam delapan semester dengan rentang satuan kredit minimal yang harus diselesaikan 144 sks, termasuk di dalamnya mata kuliah yang dikelola fakultas, jurusan serumpun, dan atau program studi serumpun. Semua mata kuliah dikelompokkan ke dalam kelompok mata kuliah sebagai berikut:

kurikulum

Catatan: No. 1 dan 2 semua fakultas sama, 3 dan 4 disesuaikan dengan kebutuhan fakulltas/prodi masing-masing.

Sebaran Mata Kuliah

sebaran mata kuliah sebaran mata kuliah2 sebaran mata kuliah3 sebaran mata kuliah4 sebaran mata kuliah5