Laboratorium Pendidikan

Program Studi Pendidikan Fisika menyediakan laboratorium Pendidikan yang bertujuan untuk menunjang mata kuliah teori. Laboratorium Pendidikan yang tersedia antara lain: laboratorium Fisika Dasar, Fisika Modern, Elektronika, Elektronika Digital, dan Instrumentasi. Penyelenggaraan praktikum di laboratorium Pendidikan dilaksanakan secara terpadu dengan jadwal perkuliahan tatap muka.

Selain digunakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Fisika, beberapa laboratorium juga memberikan layanan kepada mahasiswa dari Program studi lain. Laboratorium Fisika Dasar memberikan layanan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Kimia, dan Program Studi Biologi. Laboratorium Fisika Modern dan Laboratorium Elektronika digunakan secara Bersama-sama oleh mahasiswa Program Studi Fisika dan Program Studi Pendidikan Fisika.

Pemanfaatan laboratorium pengelolaannya diserahkan kepada kepala laboratorium. Kepala Laboratorium dibantu oleh tiga orang Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Program studi Pendidikan Fisika memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa Fisika untuk menjadi asisten praktikum di Laboratorium Pendidikan. Setiap calon asisten diharuskan mengikuti pelatihan asisten yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika pada bulan September (untuk praktikum semester ganjil), dan bulan Maret (untuk praktikum semester genap).