Raih Juara 3 Paper SKILL EXPO KPM 10.0, Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Menoreh Prestasi Membanggakan tingkat Nasional

Kiri ke kanan: Zahara Sabilla Anisa Imansari dan Wanda Amelia Rahma

Kiri ke kanan: Zahara Sabilla Anisa Imansari dan Wanda Amelia Rahma

Jakarta – Diakhir semester yang sedang dijalani, Wanda Amelia Rahma, mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang juga merupakan mahasiswa berprestasi FMIPA UNJ tahun 2016 kembali menoreh prestasi di ajang bergengsi. Dengan menggandeng Anisa Imansari dan Zahara Sabilla, mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2015 dalam timnya, mereka berhasil meraih juara 3 Call For Paper tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh KPM (Kelompok Peneliti Muda) UNJ.

Dibawah bimbingan seorang dosen Pendidikan Kimia, yaitu Ella Fitriani, M.Pd., paper dengan judul “PABALITUNG (Paper Bag Kulit Jagung) Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung dengan Campuran Ekstrak Daun Jati Sebagai Bahan Pembuatan Paper Bag Ramah Lingkungan”  berhasil bersaing dengan tim dari IPB, UNS, IKIP Madiun, UGM, ITB, dan Undiksha di tahap final pada 05 Oktober 2016 silam. Penampilan-penampilan dari berbagai Universitas tersebut sangat luar biasa dan penuh persiapan saat memaparkan hasil penelitiannya. Acara final dinilai oleh empat juri yang berasal dari berbagai bidang terkait penelitian yang ada tentu membuat suasana kompetisi memanas.

Produk PABALITUNGProduk PABALITUNG

Pada tanggal 06 Oktober 2016 usai acara Seminar Internasional yang diadakan SKILL EXPO 10.0 kembali menegang saat pengumuman hasil lomba Call For Paper. Peserta seminar maupun para finalis merasa penasaran siapa yang akan menjadi pemenang pada kompetisi ini. Alhasil saat pengumuman itu dibacakan tim dari UNJ yang diketuai oleh Wanda berhasil meraih juara ketiga dan disusul oleh tim dari UNS sebagai peraih juara kedua kemudian juara pertama diraih oleh tim dari IPB.

Wanda menyampaikan “Tim kami merasa sangat senang dan tidak menyangka dapat meraih juara ketiga setelah melihat berbagai hasil penelitian yang inovatif dan bagus pada bidangnya yang dipaparkan oleh berbagai Universitas lawan saat babak final. Persaingan pada kompetisi ini begitu ketat, semua tim memiliki karya yang luar biasa, sehingga sulit diprediksi siapa yang akan menjadi pemenang, Dengan izin Allah, semangat tim, serta anggota tim saya yakni Anisa Imansari dan Zahara Sabilla yang luar biasa perjuangannya, Alhamdulilah tim Pabalitung berhasil meraih juara 3”

Tidak ada kemenangan tanpa perjuangan dan batu sandungan, semoga prestasi yang baru saja diraih oleh Wanda Amelia Rahma, Anisa Imansari, dan Zahara Sabilla dapat menjadi motivasi kita untuk terus berkarya. [Anna Rahmadianty]