WORKSHOP SOSIALISASI LESSON STUDY

Sambutan kepsek

Sambutan Ketua Gugus 3 Kec. Koja

Workshop Sosialisasi Lesson Study yang diselenggarakan di SDN 15 Rawa Badak Jakarta Utara pada kamis, 16 Februari 2016, merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh alumni STOLS angkatan 1 dan 5 bersama dosen Program Studi Pendidikan Kimia UNJ penggiat LS. Ucapan terima kasih kepada Ibu Dinur Krismasari, Senior Representative dan Ibu Sri Widyastuti, Program Officer JICA Indonesia yang telah memberi bantuan dana sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar. Kegiatan workshop ini dilakukan dengan tujuan:  (1) mensosialisasikan lesson study kepada guru-guru di sekolah, (2) memberikan gambaran yang jelas bagaimana cara mengimplementasikan lesson study di sekolah, dan (3) sebagai langkah awal membentuk komunitas lesson study di sekolah.

Sambutan Ibu Dinur (JICA)

Sambutan Ibu Dinur (JICA)

Workshop yang bertema “Lesson Study for Learning Community sebagai Kegiatan Alternatif Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah” diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang berasal dari 11 SD Negeri di lingkungan Gugus 3 Kecamatan Koja Jakarta Utara. Nara sumber pada kegiatan ini adalah Dr.rer.nat. Asep Supriatna, M.Si dari UPI dan Dr. Maria Paristiowati, M.Si dari UNJ yang merupakan alumni STOLS angkatan 5. Bapak Asep Supriatna menjelaskan sekilas tentang lesson study yang dilanjutkan dengan bagaimana implementasinya di sekolah oleh ibu Maria Paristiowati. Kemudian peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan asal sekolah untuk mendiskusikan action plan sebagai bentuk tindak lanjut peserta setelah mengikuti workshop. Sesi ini didampingi oleh penggiat LS dari UNJ, ibu Tritiyatma, ibu Irma Ratna Kartika, bapak Darsef dan ibu Ella Fitriani.

Materi Oleh Bpk. Asep Supriatna (UPI)

Materi Oleh Bpk. Asep Supriatna (UPI)

Mengapa lesson study perlu disosialisasikan kepada guru-guru di sekolah? Karena lesson study merupakan sebuah kegiatan yang penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui kolaborasi antar sesama guru. Lesson study dapat menjadi laboratorium, tempat membangun komunitas belajar di antara sesama guru baik dalam satu sekolah maupun antar sekolah yang tergabung di dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Melalui lesson study, guru-guru berkolaborasi membuat lesson design dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa (student active learning), mengimplementasikan lesson design tersebut pada kegiatan open lesson dan merefleksikan hasil observasi setelah open lesson selesai.

Materi Oleh Ibu Maria Paristiowati (UNJ)

Materi Oleh Ibu Maria Paristiowati (UNJ)

Pada akhirnya jika kegiatan lesson study dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, maka akan terbentuk learning community, yang membelajarkan suruh SDM mulai dari guru, kepala sekolah, siswa, orang tua siswa dan masyarakat sekitar. Sehingga harapan terjadinya peningkatan kualitas pendidikan dapat terwujud.

 (Maria. P)