Lima Belas Mahasiswa Pendidikan Kimia UNJ Terpilih sebagai Delegasi dalam Kegiatan Southeast Asian Mobility (SAM) 21st Century Skill, Malaysia

IMG-20170312-WA0093

Jakarta – Senin (14/4). Sebanyak 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta mengikuti kegiatan Southeast Asian Mobility (SAM) 21st Century Skill pada tanggal 3-5 Maret 2017 di Universiti Teknologi Malaysia, Johor, Malaysia. Dengan melewati serangkaian proses seleksi berkas, 15 mahasiswa program studi Pendidikan kimia dan juga 11 mahasiswa lain dari  berbagai fakultas dan program studi di Universitas Negeri Jakarta ini terpilih sebagai delegasi program Southeast Asian Mobilty for 21st century skill yang merupakan salah satu hibah dari University Mobility in Asia and the Pacific (UMAP) di Jepang.

Dari 27 delegasi dari UNJ, terdapat 15 delegasi dari Prodi Pendidikan Kimia Universitas negeri Jakarta. Berikut adalah nama-nama mahasiswa yang terpilih tersebut:

  1. Sahrul Fakhri
  2. Anna Rahmadianty
  3. Wanda Amelia Rahma
  4. Chaeriyatun Nissa Auliyani
  5. Witri Sandryani
  6. Himayatul Rizqol Baeti
  7. Mega Ayu Agustin
  8. Nuratut Alfiyyah
  9. Pramitha Cucu
  10. Alin Mardiah
  11. Anisa Imansari
  12. Sarahdina Mustika
  13. Septina Restu
  14. Firsty Kartika
  15. Sylvia Faustine

Kegiatan ini juga diikuti oleh 12 mahasiwa Malaysia dari Universiti Teknologi Malaysia dan 11 mahasiwa Thailand dari King Mongkut’s University of Technology Thonbury (KMUT) yang bekerja sama dalam tim selama kegiatan Southeast Asian Mobility (SAM)  berlangsung.

Program Southeast Asian Mobility (SAM) 21st Century Skill bertujuan untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 mahasiswa. Selama 2 hari berlangsungnya acara, mahasiswa diberikan workshop mengenai design thinking dan team working. Workshop tersebut menjadi bekal pengetahuan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan dasarnya untuk mengembangkan proyek secara kelompok. Mahasiswa juga ditantang untuk melakukan wawancara langsung dengan penduduk Malaysia setempat, mempresentasikan proyek yang dibuat dengan timnya, dan menampilkan kebudayaan Indonesia melalui cultural performance dari tiga negara.

Saat ini, ke 15 mahasiswa tersebut sedang mempersiapkan dirinya untuk tahap ke dua dari Program Southeast Asian Mobility (SAM) 21st Century Skill yang akan dilaksanakan pada 19-21 Mei 2017 di King Mongkut’s University of Technology Thonbury (KMUT), Thailand. Dengan tema kegiatan yang terfokus pada prosedur implementasi dalam mengembangkan proyek dalam bidang multidisiplin, mehasiswa akan lebih banyak meningkatkan keterampilan abad 21 dan mengimplementasikannya.

Keikutsertaan ke-26 mahasiswa sebagai delegasi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia dalam proyek internasional ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang kompeten, respektif, adaptif, dan  sebagai tempat untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke dalam forum Internasional. Selain keterampilan abad 21 sebagai output / product yang dikembangkan dengan keterampilan multikultural dan multidisiplin, mahasiswa juga akan membukukan proses kegiatan dalam bentuk jurnal bersifat internasional. Maka secara langsung 15 mahasiswa program studi Pendidikan kimia ini telah melakukan capacity improvement sebagai agent of change bagi Indonesia. [AR & WS]