Pengenalan Dosen Kimia UNJ kepada Mahasiswa Baru Pendidikan Kimia 2018

_DSC0287
Jakarta – Jumat (7/9). Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) program studi Pendidikan Kimia 2018 mengangkat tema “Membangun Generasi Berprestasi untuk Kimia Madani”. Sebagai pembekalan sebelum memasuki dunia kampus, mahasiswa baru diberi paparan materi seputar sistem perkuliahan dan etika kehidupan kampus, serta perkenalan dengan dosen. Beberapa dosen yang berhalangan hadir tidak menyurutkan semangat mahasiswa baru Pendidikan Kimia dan Kimia UNJ.
Pada PKKMB kali ini sesi materi pertama tentang informasi dan kegiatan akademik serta beberapa muatan lokal program studi disampaikan oleh Koordinator Program Studi, Dr. Maria Paristiowati, M. Si. Mahasiswa baru diperkenalkan dengan visi misi prodi Pendidikan Kimia, sistem kredit semester (SKS), dan prospek kerja lulusan Pendidikan Kimia.
IMG_0138
Sesi materi kedua mengangkat tema tentang “Nilai Budaya, Etika, dan Kehidupan Perguruan Tinggi” disampaikan oleh Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M. Si. Materi kedua dengan tema materi yang disampaikan banyak membahas hal-hal yang kadang sepele, tetapi sangat penting diperhatikan, seperti aturan berpakaian yang baik, adab-adab menghubungi dosen, dan perizinan. “Sangat bagus,” kesan Muhammad Abdul Arasid, mahasiswa baru Pendidikan Kimia UNJ, “agar kita semakin paham tata krama dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.
Pada sesi perkenalan dosen, mahasiswa baru sangat antusias mengikutinya. Dari perkenalan dosen-dosen, banyak mahasiswa baru yang terinspirasi. Salah satunya adalah Farah Fadhilah, mahasiswa baru Pendidikan Kimia 2018.”Alhamdulillah, pertemuan dengan dosen-dosen menjadi salah satu pemicu untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya ketika tahu profil pendidikannya,” ujarnya. Hal senada disampaikan oleh Siti Fatimah, mahasiswa baru Pendidikan Kimia 2018, “Semoga bisa lebih dekat dan kenal dengan karakter masing-masing dosen dan pastinya meneladani ilmu dan prestasi dosen-dosen kita yang luar biasa.” Di akhir kegiatan diadakan foto bersama antara dosen, mahasiswa baru, dan panitia.
_DSC0248
Rangkaian kegiatan PKKMB ini menjadi harapan bersama agar mahasiswa baru bisa mengenali lingkungan barunya. Ramananda Alfriansyah, selaku ketua pelaksana PKKMB Pendidikan Kimia 2018, mengharapkan agar acara PKKMB dapat mengenalkan kehidupan kampus, terutama dalam ruang lingkup program studi Pendidikan Kimia di FMIPA UNJ serta menjadi acara yang membawa manfaat bagi mahasiswa baru Pendidikan Kimia.
“Semoga mahasiswa baru Pendidikan Kimia dapat beradaptasi dengan sistem perkuliahan, menuntut ilmu, baik di dalam maupun di luar kelas, sehingga kelak dapat melahirkan seorang intelek yang dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar mahasiswa yang kerap disapa Rama ini. [RH]