Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  1. Mampu mengaplikasikan konsep pedagogi dan didaktik matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran matematika dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).
  2. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah.
  3. Menguasai konsep pedagogi dan didakti matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
  4. Menguasai konsep dan pola pikir matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
  5. Menguasai metodologi penelitian untuk melaksanakan penelitian pendidikan matematika.
  6. Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi data yang relevan.
  7. Mampu memberikan petujunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi masalah dibidang pendidikan matematika secara mandiri dan kelompok.
  8. Mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri dibidang pendidikan matematika.
  9. Dapat diberikan tanggung jawab dalam pengelolaan organisasi di bidang pendidikan.Menerapkan konsep dasar science, matematika, materi dan hukum-hukum dasar kimia pada berbagai reaksi dalam penyelesaian masalah.

 

Metode Penilaian

Evaluasi yang dilakukan dalam perkuliahan prodi Pendidikan Matematika dengan :

  1. Instrumen, disusun oleh dosen dan menggunakan instrument penilaian yang valid dan reliabel.
  2. Pelaksanaan evaluasi, sesuai dengan kontrak perkuliahan, baik waktu maupun jenisnya.
  3. Jenis evaluasi, dilakukan melalui tes dan atau non tes, berkenaan dengan proses maupun hasil.
  4. Koreksi dan feedback, dosen memeriksa dan mengembalikan berkas hasil evaluasi kepada mahasiswa segera setelah pelaksanaan evaluasi.

Pada akhir perkuliahan, sebagai bagian dari kegiatan evaluasi,mahasiswa mendapatkan nilai/hasil belajar yang akan diberikan berdasarkan nilai ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), tugas terstruktur dari dosen, dan nilai praktik. Bobot masing-masing komponen ditetapkan berdasarkan bobot komponen evaluasi tersebut. Pemberian nilai hasil studi kepada mahasiswa berdasarkan pada kriteria berikut.

Tingkat Penguasaan Nilai Bobot Predikat
80-100% A 4 Sangat Baik
70-79% B 3 Baik
60-69% C 2 Cukup
55-59% D 1 Kurang
<55% E 0 Tidak Lulus

 

Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika terdiri dari 4 (empat) kelompok mata kuliah yang harus diselesaikan selama masa studi minimal 8 (delapan) semester dan maksimal 14 (empat belas) semester dengan rentang jumlah satuan kredit : 144-146 SKS

No Kelompok SKS
 1  Mata Kuliah Umum (MKU) 13
 2  Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12
3  Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBKP) 104-106
4  Mata Kuliah Pembelajaran (MKP) 15
 JUMLAH  144-146

 

Sebaran Mata Kuliah

 

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas*** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti** Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
I 0005-106-3 Pendidikan Kewarganegaraan 3 V V V V V Univ
0005-213-4 Pengantar Ilmu Pendidikan 4 V V V V V Univ
3115-036-2 Pengantar Dasar Matematika 2 V V V V V Jur
3115-067-2 Bahasa Inggris Matematika I 2 V V V V V Jur
3115-204-3 Kalkulus Differensial 3 V V V V V Jur
3115-038-3 Statistika Dasar 3 V V V V V Jur
3115-071-3 Aljabar Linear 3 V V V V V Jur
II 0005-155-3 Pendidikan Agama Islam 3 V V V V V Univ
0005-213-4 Psikologi Perkembangan 2 V V V V V Univ
0005-113-2 Bahasa Indonesia 2 V V V V V Jur
0005-114-2 Bahasa Inggris 2 V V V V V Jur
3115-205-3 Kalkulus Integral 3 V V V V V Jur
3115-030-2 Teori Bilangan 2 V V V V V Jur
3115-044-3 Statistika Matematika I 3 V V V V V Jur
3115-211-3 Algoritma Pemrograman 3 (2+1) V V V V V Jur
3115-017-2 Sejarah Matematika 2 V V V V V Jur
III 3005-002-2 Filsafat MIPA 2 V V V V V Jur
3115-063-2 Pembelajaran Matematika SD 2 V V V V V Jur
0005-214-4 Teori Belajar dan Pembelajaran 4 V V V V V Univ
3115-010-2 Workshop 2 V V V V V Jur
3115-206-3 Kalkukus Peubah Banyak 3 V V V V V Jur
3115-048-3 Analisis Real I 3 V V V V V Jur
3115-011-2 Geometri Ruang 2 V V V V V Jur
3115-073-2 Geometri Euclid 2 V V V V V Jur
3115-082-2 Bahasa Inggris Matematika II 2 V V V V V Jur
IV 0005-212-2 Profesi Kependidikan 2 V V V V V Univ
3115-064-2 Pembelajaran Matematika SMP 2 V V V V V Jur
3115-212-3 Pengantar Animasi Komputer 3 (2+1) V V V V V Jur
3115-207-3 Persamaan Differensial Elementer 3 V V V V V Jur
3115-031-3 Aljabar  Abstrak 3 V V V V V Jur
3115-045-3 Statistika Matematika II 3 V V V V V Jur
3115-209-3 Geometri Analitik 3 V V V V V Jur
3115-221-3 Fungsi Variabel Kompleks 3 V V V V V Jur
V 3115-075-2 Pembelajaran Matematika SMA 2 V V V V V Jur
0005-126-3 ISBD 3 V V V V V Univ
3005-202-3 PPEP 3 V V V V V Jur
3115-222-2 Metodologi Penelitian 2 V V V V V Jur
3115-043-3 Geometri Transformasi 3 V V V V V Jur
3115-051-3 Metode Numerik 3 V V V V V Jur
3115-208-3 Persamaan Differensial Lanjut 3 V V V V V
3115-049-3 Analisis Real II 3 V V V V V Jur
VI 3115-210-3 Kapita Selekta Matematika 3 V V V V V Jur
3115-217-3 Interaksi Belajar Mengajar 3 V V V V V Jur
3115-053-3 Matematika Diskrit 3 V V V V V Jur
3115-035-3 Program Linear 3 V V V V V Jur
3115-214-3 Pembelajaran Matematika Berbasis TIK 3 V V V V V Jur
3115-073-2 Seminar Matematika 2 V V V V V Jur
Pilihan 1 2-3 V V V V V Jur
Pilihan 2 3 V Jur
 3005-503-2 Praktek Keterampilan Mengajar  2 V V V V V Jur
Pilihan 3 3 v v v v v Jur
Pilihan 4 3 v v v v v Jur
3005-207-2 Seminar Pra skripsi 2 v v v v v
VIII 3005-402-4 Skripsi 4 v
Total sks 144