Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Biologi FMIPA meliputi muatan mata kuliah untuk mengembangkan kompetensi lulusan, yang mencakup kompetensi umum, kompetensi utama, dan kompetensi pendukung sesuai Standar Isi Pendidikan Tinggi Program Pendidikan Akademik.

  1. Kompetensi Umum

Kompetensi umum untuk Program Studi Magister Pendidikan Biologi adalah kemampuan berfikir filosofis, metodologis, dan teknis yang melandasi pengembangan keprofesian sesuai dengan bidang ilmu untuksetiap program studi. Kompetensi Umum diperoleh melalui mata kuliah:

  1. Filsafat Ilmu
  2. Metodologi Penelitian Pendidikan
  3. Statistika
  4. Kompetensi Utama

Kompetensi Utama untuk Program Studi Magister Pendidikan Biologi adalah kompetensi keahlian sesuai substansi kajian bidang ilmu dan teknologi yang menjadi ciri khas program studi. Kompetensi Utama Program Studi Magister Pendidikan Biologi adalah:

  1. Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode dan kaidah keilmuan disertai penerapannya sesuai dengan disiplin ilmu biologi dan pendidikan biologi.
  2. Memecahkan permasalahan di bidang disiplin ilmu Biologi dan pendidikan biologi melalui perkuliahan, praktikum, penelitian dan perkembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  3. Mengembangkan kinerja dalam karir tertentu yang ditunjukan dengan ketajaman analisis permasalahan secara komprehensif.

Kompetensi utama diperoleh melalui perkuliahan: Desain Sistem Instruksional, Genetika Molekuler dan Bioteknologi, Evaluasi dalam Pembelajaran Biologi, Fisiologi dan Perkembangan, Media  Pembelajaran, Ekologi, Lingkungan dan Konservasi.

  1. Kompetensi Pendukung

Kompetensi Pendukung adalah kompetensi yang diperlukan untuk mendukung, melengkapi, dan memperkaya kompetensi utama yang diperoleh melalui mata kuliah Isu-Isu Kontemporer Biologi dan Pembelajaran Biologi serta beberapa mata kuliah pilihan, yaitu: Neuroscience, Biodiversitas, Neuropsikologi Pendidikan, Teknologi Informatika dalam Pembelajaran Biologi, dan Manajemen Bebasis Sekolah.

Mata kuliahsebaran mata kuliah