WORKSHOP PENYEMPURNAAN KURIKULUM PROGRAM STUDI S-1 DAN S-2 PENDIDIKAN FISIKA 2018

WORKSHOP PENYEMPURNAAN KURIKULUM
PROGRAM STUDI S-1 DAN S-2 PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2018

Sesuai dengan konsep kurikulum yang dikembangkan oleh universitas, maka kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNJ mengacu pada Kebijakan Akademik, Rencana Strategis UNJ 2006-2017, Undang-undang RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Perpres RI No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah RI No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) serta Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG). Dari Rencana Strategis dan regulasi tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam Buku Panduan Pengembangan Kurikulum. Mengingat UNJ adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), maka selain mengacu pada KKNI, UNJ juga mengacu kepada Pedoman Pengembangan Kurikulum LPTK (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2012). Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada profil lulusan yang profesional yang dituangkan dalam capaian pembelajaran lulusan setiap program studi sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni, serta kebutuhan masyarakat.
Penyusunan suatu kurikulum berdasarkan KKNI dilakukan berdasarkan analisis SWOT kemampuan program studi sebagai pertimbangan dari aspek internal lembaga pendidikan dan tracer study alumni program studi sebagai pertimbangan aspek kondisi eksternal. Untuk itu dalam penyusunan kurikulum program studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta akan dipaparkan keadaan internal yang meliputi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian program studi. Uraian profil lulusan dibuat untuk mendapatkan kompetensi lulusan sehingga diperoleh rumusan capaian pembelajaran (learning outcome) yang selanjutnya dituangkan kedalam bahan kajian hingga mata kuliah-mata kuliah beserta bobotnya (sks). Penyusunan kurikulum diawali dengan uraian dari konsep, kerangka dan struktur kurikulum hingga rencana pembelajarannya.

Kegiatan Workshop Kurikulum
Dalam rangka rangkaian workshop kurikulum Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, diadakan kegiatan diskusi kurikulum dengan mengundang narasumber Dr. Cuk Imawan (UI Jakarta) dan Dr. Ida Kaniawati (UPI Bandung) pada tanggal 15 November 2018.

Written by