Magister Pendidikan Fisika mengadakan P2M UNJ di Masa Pandemi Covid-19

 

Sebagai salah satu bentuk tri darma perguruan tinggi, prodi Magister Pendidikan Fisika (S2), fisika (S1) dan pendidikan fisika (S1) UNJ mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) tahun 2020. Untuk tahun ini, pelaksanaan P2M awalnya akan dilaksanakan di SMA Dwiwarna Bogor yang melibatkan guru dan siswa, serta bekerja sama dengan MGMP fisika. Akan tetapi, program P2M ini akhirnya dilaksanakan secara daring online melalui aplikasi zoom mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Acara P2M ini diadakan dalam dua tahap, yaitu pemberian materi pada tahap 1 dan eveluasi penilaian pada tahap 2. Tahap 1 dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Agustus 2020 bertempat di gedung Hasjim Asjarie lantai 6. Acara dimulai dengan pembukaan yang dimoderatori oleh Dr. Mutia Delina, lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh koorprodi fisika Dr. Widyaningrum Indrasari, ketua MGMP fisika oleh Rika Yosefa, S.Pd, M.Pd, dan wakil SMA Dwiwarna oleh Asep Setiawan S.Pd, M.Pd. Acara ditutup dengan doa oleh Fauzi Bakri S.Pd, M.Si.

Materi yang diberikan pada P2M kali ini terbagi 3 kategori, yaitu media pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan alat peraga. Dengan demikian, penyampaian materi pada tahap 1 ini dibagi menjadi 3 sesi kelas paralel. Sesi pertama yaitu penyampaian materi yang berkaitan dengan media pembelajaran dilakukan pada pukul 8.30-10.15. Selanjutnya, penyampaian materi yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran dilakukan pada pukul 10.15-12.00. Pada pukul 13.00-15.00 materi yang berkaitan dengan alat peraga disampaikan dan ditutup langsung oleh moderator yang bersangkutan.

Ada pun materi di pagi hari pada pukul 8.30-12.00 ditujukan untuk para guru yang telah dikoordinir oleh MGMP fisika sedangkan materi untuk sesi siang pada pukul 13.00-15.00 ditujukan untuk para siswa yang telah dikoordinir oleh perwakilan SMA Dwiwarna. Untuk sesi evaluasi pembelajaran P2M akan diadakan pada tahap 2 yang rencananya akan diadakan pada bulan September 2020. Seluruh materi dan evaluasi dapat diakses dan diunduh melalui website https://p2mfisika.smart-unj.id/.