Kurikulum Program Magister Pendidikan Kimia meliputi muatan matakuliah untuk mengembangkan kompetensi lulusan, yang meliputi kompetensi umum, kompetensi utama dan kompetensi pendukung sesuai Stándar Isi Pendidikan Tinggi program pendidikan akademik. Uraian masing-masing kompetensi tersebut adalah sebagai berikut :

Kompetensi Utama

Kompetensi Pedagogik

  • Mampu merancang pembelajaran kimia yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa, materi pelajaran, dan tujuan pembelajaran.
  • Mampu merancang dan mengelola laboratorium kimia untuk tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi dalam konteks pembelajaran kimia dasar
  • Mampu mengembangkan pembelajaran kimia dengan memanfaatkan teknologi dan laboratorium, terutama teknologi informasi dan multimedia, yang memfasilitasi pengembangan multiple intleligence dan keterampilan berfikir tingkat tinggi (Technological Pedagogical Content Knowledge).
  • Mampu mengevaluasi pembelajaran kimia secara berkesinambungan dan komprehensif dengan menggunakan berbagai teknik yang modern, untuk mendorong terjadinya proses belajar yang lebih baik dan mengetahui keberhasilan belajar.
  • Mampu memanfaatkan hasil evaluasi pembelajaran kimia untuk menyusun program remedial dan pengayaan yang bervariasi dengan memperhatikan berbagai gaya belajar siswa.
  • Mampu melakukan inovasi pembelajaran kimia melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan teknologi modern dan fasilitas laboratorium.

Kompetensi Kepribadian

  • Bertindak berdasarkan manfaat bagi peserta didik, sekolah dan masyarakat.
  • Bertindak sesuai dengan norma religius (iman dan taqwa), jujur, iklas dan suka menolong.
  • Memiliki sikap dan bertindak secara konsisten sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
  • Memilki perilaku yang berpengaruh positif dan disegani peserta didik.

Kompetensi Profesional

  • Kemampuan menganalisis konsep-konsep kimia penting, mencakup: kimia organik, biokimia, kimia analitik, kimia fisika, kimia anorganik sebagai bekal untuk diaplikasikan di pendidikan menengah.
  • Kemampuan menerapkan konsep-konsep pedagogis (teori-teori belajar dan pembelajaran, baik klasik maupun modern, mencakup behavioristik, kognitif, humasitik, dan konstruktivistik) dalam pembelajaran kimia.
  • Memahami karakteritik siswa, yang mencakup bakat, minat, kecerdasan, dan gaya-gaya belajar, termasuk multiple intelligence, sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif.
  • Memahami perkembangan terakhir di bidang belajar dan pembelajaran dari berbagai negara sebagai bahan banding untuk mengembangkan pembelajaran yang modern, sesuai perkembangan Iptek
  • Memiliki kemampuan melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan informasi dalam bidang kimia dan pendidikan kimia sebagai dasar dalam pengembangan diri berkelanjutan.
  • Memiliki kemampuan dalam menganalisis hasil penelitian melalui pendekatan multidisiplin atau interdisiplin dan mengembangkan model-model pembelajaran, model-model pengelolaan baik di kelas maupun di laboratorium.

Kompentensi Sosial

Mampu mengembangkan komunikasi yang efektif baik lisan maupun tulisan dengan siswa, tenaga administrasi, sesama guru, orang tua/wali siswa serta masyarakat sekitar sekolah berada.


Kompetensi Pendukung

  • Terampil menganalisis perkembangan media pembelajaran dan teknologi informasi dalam pendidikan kimia serta penerapannya;
  • Mengembangkan berpikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan produk pendidikan inovatif menggunakan teknologi.

Struktur Kurikulum

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah(1) Bobot SKS SKS MK dalam Kurikulum Kelengkapan(3) Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti(2) Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
1 MKU-01-355-1 Filsafat Ilmu 3 Fakultas
MPK-002 Analisis Pembelajaran Kimia dan Penerapannya 3 Program Studi
MPK-005 Eksplorasi Konsep-konsep Penting dalam Kimia 4 Program Studi
MPK-003 Teknologi informasi dalam Pembelajaran Kimia 3 Program Studi
MPK-008 Orientasi Baru dalam Pendidikan 2 Program Studi
2 MKU-02-355-2 Metode Penelitian Pendidikan 3 Fakultas
MKU-03-355-2 Statistika Pendidikan 3 Fakultas
MPK-004 Pengukuran dan Evaluasi dalam Pendidikan Kimia 3 Program Studi
MPK-001 Desain dan Pengembangan Kurikulum Kimia 3 Program Studi
MPK-006 Miskonsepsi dalam Pembelajaran Kimia 3 Program Studi
3 MPK-007 Isu-isu terkini dalam Kimia dan Pendidikan Kimia 4 Program Studi
Pilihan *) 2 Program Studi
MPK-011 Seminar Pra-Tesis 2 Program Studi

4

MPK-0012

Tesis 4 Program Studi

Total SKS

40 14

Mata Kuliah Pilihan

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot SKS Unit/ Jur/ Fak Pengelola
3 MPK-009 Perkembangan ilmu-ilmu hayati*) 2 Program Studi
3 MPK-010 Sistem Dinamis Dalam ilmu Kimia*) 2 Program Studi

Jumlah

4