Kompetensi Utama

Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister/S-2 diharapkan:

  1. Mampu memformulasikan bagian-bagian bidang pengetahuan dalam matematika menjadi suatu kesatuan yang terstruktur dan mengaplikasikannya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik matematika yang profesional
  2. Mampu memformulasikan Teori Pendidikan dan model pengembangan pembelajaran matematika dan dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya untuk merancang pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan paradigma pembelajaran masa kini
  3. Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran matematika berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran bilingual.
  4. Mampu bertanggungjawab dalam melaksanakan profesinya sebagai pendidik matematika serta menjadi pelopor dalam pengembangan diri dan lingkungan kerjanya, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sesuai paradigma pendidikan terkini dalam rangka pencapaian tujuan organisasi profesi guru.
  5. Mampu menganalisis situasi nyata untuk menemukan permasalahan dan merancang alternatif pemecahan masalah berdasarkan kajian ilmu dalam bidang pendidikan matematika.
  6. Mampu melaksanakan penelitian pendidikan matematika, menganalisis data dengan bantuan beragam software yang sesuai, menginterpretasikan hasil analisis data dan membuat laporan sesuai standar karya ilmiah tingkat nasional.
  7. Mampu mengaplikasikan hasil penelitian untuk merefleksikan diri dalam melaksanakan pembelajaran dan menghasilkan teori dasar pembelajaran lokal (local grounded theory)untuk  memberikan alternatif perbaikan dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan.
  8. Mampu merancang, mengembangkan, menggunakan dan memproduksi alat peraga atau media pendidikan matematika.

Kompetensi Pendukung

  • Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) lulusan baik
  • Keluasan wawasan antar disiplin ilmu lulusan baik
  • Kemampuan bahasa asing baik
  • Kemampuan menggunakan teknologi informasi baik

Struktur Kurikulum

No Mata Kuliah Bobot SKS Semester PengampuMata Kuliah
1 2 3 4
A Kompetensi Umum 9
1 Metode Penelitian 3 X Dr. Wardani Rahayu, M.Si
2 Statistik Penelitian 3 X Dr. Suyono, M.Si
3 Sejarah dan Filsafat Matematika 3 X Prof. Dr. Gerard Polla, M.App.Sc

B

Kompetensi Utama

29

1 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 2 X Dr. Yurniwati, M.Pd
2 Desain Pembelajaran Matematika 3 X Prof. Dr. Gerard Polla, M.App.Sc 
3 Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika 3 X  Dr. Anton Noornia, M.Pd/Dr. Yurniwati, M.Pd. 
4 Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran 2 X Dr. Wardani Rahayu, M.Si
5 Struktur Aljabar 3 X Dr.Lukita Ambarwati, M.Si/Drs. Makmuri, M.Si 
6 Analisis Real 3 X Dr. Lukita A., M.Si/Drs.Sudarwanto, Msi.DEA. 
7 Seminar proposal 2 X Tim 
8 Statistika Matematik 3 X Dr. Suyono, M.Si
9 Berpikir Matematika Tingkat Tinggi 2  

X

 

X

 

Dr. Anton Noornia, M.Pd.
10 Pemodelan Matematika*) 2 Dr. Lukita Ambarwati
11 Matematika Diskret*) 2       Dr. Lukita Ambarwati/       Dr. Etty Wiraningsih.
12 Pembelajaran Matematika Realistik*) 2       Dr. Anton Noornia, M. Pd. 
13 Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris *) 2       Prof. Dr. Gerard Polla, M.App.Sc
14 Tesis 4 X Tim
C Kompetensi Pendukung 2
1 Media dan TIK dalam Pembelajaran Matematika 2 X Dr. Wardani Rahayu, M.Si 
Total SKS 40 14 14 8 4  

Mata Kuliah Pilihan

Semester Kode MK Nama MK (Pilihan) Bobot sks Unit/ Jur/ Fak Pengelola
1 3138-203-2 Berpikir Matematika Tingkat Tinggi 1) 2 Jurusan
2 3138-202-2 Pemodelan Matematika2) 2 Jurusan
3 3138-204-2 Matematika Diskret3) 2 Jurusan
4 3138-205-2 Pembelajaran Matematika Realistik4) 2 Jurusan
5 3138-206-2 Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris 5) 2 Jurusan

Total sks

10