Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister/S2 yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, penelitian, dan inovasi dalam pendidikan matematika yang lulusannya mampu bersaing di tingkat ASEAN pada tahun 2020.


Misi

Misi Prodi Pendidikan Matematika jenjang Magister (S2) adalah :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengelolaan proses pendidikan dan pembelajaran yang efektif, efisien, dalam suasana akademik yang kondusif, bertanggung jawab, akuntabel, dan transparan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, dan ahli dalam bidang pendidikan matematika baik secara teori maupun praktek.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian, dan inovasi, dalam pembelajaran matematika berkolaborasi dengan institusi atau berbagai lembaga yang terkait baik di dalam maupun di luar negeri yang hasil-hasilnya dideseminasikan dalam berbagai forum ilmiah.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan menyumbangkan gagasan, ide, hasil penelitian, dan inovasi dalam pembelajaran matematika kepada stakeholder bagi kemajuan pendidikan matematika di jenjang pendidikan menengah.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi lain di dalam dan di luar negeri, dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

Tujuan Prodi Pendidikan Matematika jenjang Magister (S2) adalah:

  1. Menyelenggarakan proses perkuliahan yang dapat mendukung mahasiswa mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika yang bermutu.
  2. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan menguasai dengan baik, teori tentang pendidikan matematika serta mampu mempraktekkannya secara profesional dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi.
  3. Mengasilkan lulusan yang mampu melakukan kegiatan penelitian dengan baik tentang pendidikan matematika yang didasarkan pada perkembangan paradigma penelitian, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan informasi dan komunikasi.
  4. Menghasilkan berbagai gagasan, ide, teori baru orisinil yang terkait dengan pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran matematika di berbagai jenjang.
  5. Menghasilkan karya yang dapat diterapkan dan didoseminasikan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses pembelajaran matematika, serta dapat meningkatkan hubungan sinergis dengan lembaga lain dan masyarakat pengguna, yang diutamakan bersumber dari hasil penelitian.
  6. Terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antar disiplin ilmu, lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan pelatihan, pemerintah daerah, dan organisasi profesi yang saling mendukung untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan dalam bidang evaluasi, pengukuran, penilaian pendidikan dan metodologi penelitian.