Mengenal Default lebih dekat: kelompok studi pertama di UNJ yang bergerak di bidang IT

Berkembangnya dunia teknologi membawa dampak yang cukup besar terhadap dunia, khususnya di Indonesia sendiri. Segala jenis ilmu pengetahuan telah membaur menjadi satu kesatuan dan menciptakan sebuah prangkat fungsional yang saat ini kita kenal dengan nama komputer.

Tentunya hal ini perlu di seimbangkan oleh pengetahuan yang sepadan dengan kemajuan tersebut. Dengan ini mahasiswa program studi ilmu komputer telah mendeklarasikan sebuah kelompok studi yang akan berkontribusi lebih terhadap dunia baru ini selain dari perkuliahan yang ada.

Developing Future and Unyielding Learn of Technology” atau yang di singkat dengan DEFAULT merupakan kelompok studi yang bergerak di bidang pengembangan teknologi seperti pada bidang arsitektur, website, animasi, dan juga aplikasi. Kelompok studi ini di dirikan oleh angkatan pertama program studi ilmu komputer pada tahun 2013.

Saat ini default sendiri memiliki 4 divisi pengembangan. Divisi-divisi tersebut yakni:

  1. Animasi
  2. Aplikasi
  3. Arsitektur komputer
  4. Website

1. Arsitektur Komputer

Divisi ini bergerak di bidang hardware. Arsitektur yang dimaksud adalah sebuah desain komponen yang saling di integrasikan dan di program sehingga menghasilkan perangkat yang fungsional. Hal yang umum di divisi ini adalah robotika, sensor, controller, dll.

2. Animasi

Divisi ini bergerak di bidang software pengolahan grafis. Pada divisi ini kita belajar mengembangakn sebuah animasi 2D maupun 3D yang mampu di gerakkan atau di control sehingga seperti sebuah game.

3. Aplikasi

Divisi ini bergerak di bidang software pengembangan aplikasi, lebih khususnya aplikasi mobile yang saat ini digunakan banyak pengguna yaitu android. Di divisi aplikasi ini biasanya menggunakan Android Studio dalam pembuatan aplikasi nya.

4. Website

Divisi ini bergerak di bidang software pengembangan website aplikatif seperti system surat-menyurat online atau perpustakaan online. Di divisi ini kita belajar dalam mengembangkan website sekaligus mengetahui bagaimana cara nya berinteraksi dengan seorang klien yang di tentukan.

 

Kepanjangan DEFAULT sendiri memiliki arti “mengembangkan masa depan dan pantang menyerah mempelajari teknologi” dengan nama ini diharapkan default menjadi garda terdepan dalam pengembangan teknologi ilmu komputer di lingkungan universitas negeri Jakarta

 

Default memiliki motto yakni “May the code built in you” (semoga kode itu tertanam di diri kalian) sebagai acuan utama untuk memahami setiap baris kode yg diimplementasikan untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah program komputer yang bermakna dan berguna untuk masyarakat

 

#MayTheCodeBuiltInYou

Untitled

Logo DEFAULT UNJ