PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PROFIL LULUSAN
Lulusan Program Studi Ilmu Komputer mempunyai kualifikasi sarjana Komputer dan diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Praktisi bidang ilmu komputer.
  2. Konsultan bidang ilmu komputer.
  3. Perencana Sistem Informasi, Software Engineer, Web Developer.
  4. Penanggung Jawab Jaringan Komputer
  5. Programmer, Front End Developer.
  6. Wirausahawan berbasis Teknologi Informasi dan Komputer .

Peneliti bidang ilmu komputer.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN ( CPL )
  1. SIKAP
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemimpinan dalam berbagai aktivitas.

 

     2.  KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
     3.  PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep dasar matematika untuk memodelkan dan menganalisa sistem komputasi.
  2. Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
  3. Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan sistem jaringan serta komunikasi data.
  4. Menguasai metodologi pengembangan sistem, meliputi perencanaan, analisis, disain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan sistem.
  5. Menguasai minimal salah-satu dari lima bidang fokus pengetahuan ilmu komputer (Artificial Intelligence, Computational Science, Graphic & Visualization, Jaringan Komputer dan Manajemen Informasi) serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

     4.   KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan matematika dasar, prinsip algoritma dan teori ilmu komputer dalam pemodelan dan sistem berbasis komputer untuk memecahkan masalah nyata.
  2. Mampu menganalisis, merancang dan mengimplementasi suatu sistem berbasis komputer secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan suatu masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi obyek.
  3. Mampu membangun sistem jaringan komputer dan komunikasi data serta sistem keamanannya.
  4. Mampu membangun software aplikasi, minimal satu dari lima bidang fokus ilmu komputer, yaitu: Artificial Intelligence, Computational Science, Graphic & Visualization, Jaringan Komputer dan Manajemen Informasi.

Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan praktek. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Tingkat Penguasaan Nilai Bobot
86 – 100% A 4
81 – 85% A- 3.7
76 – 80% B+ 3.3
71 – 75% B 3
66 – 70% B- 2.7
61 – 65% C+ 2.3
56 – 60% C 2
51 – 55% C- 1.7
46 – 50% D 1
< 45% E 0

Struktur Kurikulum

Semester 1

No. Nama Matakuliah SKS
1 Aljabar Linier 3
2 Algoritma Dan Pemrograman 3
3 Bahasa Indonesia 2
4 Statistika Dasar 2
5 Bahasa Inggris 2
6 Kalkulus Diferensial 3
7 Matematika Diskret 1 3
8 Pancasila 2
9 Olimpisme 1
Jumlah 21

Semester 2

No. Nama Matakuliah SKS
1 Pendidikan Agama 3
2 Filsafat MIPA 2
3 Kalkulus Integral 3
4 Matematika Diskret 2 3
5 Metode Numerik 3
6 Pengantar Sistem Digital 3
7 Riset Operasi 3
Jumlah 20

Semester 3

No. Nama Matakuliah SKS
1 Kewarganegaraan 2
2 Struktur Data dan Algoritma 3
3 Analisis Numerik 3
4 Pengantar Kecerdasan Buatan 3
5 Arsitektur Komputer 3
6 Sistem Informasi Manajemen 3
7 Basis Data 3
8 Etika Profesi 2
Jumlah SKS 22

Semester 4

No. Nama Matakuliah SKS
1 Ilmu Sosial Budaya Dasar 2
2 Desain dan Analisis Algoritma 3
3 Desain dan Pemrograman Berorientasi Objek 3
4 Probabilitas Terapan 3
5 Sistem Operasi 3
6 Rekayasa Perangkat Lunak 3
7 Perancangan dan Pemrograman Web 3
Jumlah SKS 20

Semester 5

No. Nama Matakuliah SKS
1 Analisis dan Perancangan Sistem 3
2 Pengolahan Citra 3
3 Jaringan Komputer 3
4 Cryptography & Information Security 3
5 Interaksi Manusia dan Komputer 3
6 Manajemen Keamanan Informasi 3
7 Metodologi Penelitian 2
Jumlah SKS 20

Semester 6

No. Nama Matakuliah SKS
1 Sistem Informasi Geografis 3
2 Data Mining 3
3 Komputer Grafik 3
4 Praktek Kerja Lapangan 2
5 Pemrosesan Sinyal Digital 3
6 Mata kuliah pilihan (Minimal 5 sks)
7 Organisasi Sistem Komputer 3
8 Kewirausahaan 3
9 Komunikasi Data 3
Teori Bahasa dan Automata 2
Jumlah SKS 19– 24

Semester 7

No. Nama Matakuliah SKS
1 Sistem Pakar 3
2 Mobile Computing 3
3 Manajemen Project 2
4 Kuliah Kerja Nyata 2
Mata kuliah Pilihan (Minimal 6 sks)
5 Pengantar Robotika 3
6 Sistem Cerdas 3
7 Metode Formal 3
8 Neural Network 3
9 Logika Fuzzy 3
Jumlah SKS 16– 19

Semester 8

No. Nama Matakuliah SKS
1 Seminar Pra Skripsi 2
2 Skripsi 4
Jumlah SKS 6
Total SKS 144

 

Sebaran Mata Kuliah

KEL

MATA KULIAH

SKS Semester KET
1 2 3 4 5 6 7 8
MKU(13 sks) Bahasa Inggris 2 V
Bahasa Indonesia 2 V
Pendidikan Agama 3 V
Pancasila 2 V
Kewarganegaraan 2 V
Ilmu Sosial Budaya Dasar 2 V
Sub Jumlah 13
MKDK( 31 sks ) Matematika Diskret 1 3 V
Statistika Dasar 2 V
Kalkulus Diferensial 3 V
Aljabar Linier 3 V
Pemrosesan Sistem Digital 2 V
Kalkulus Integral 3 V
Matematika Diskret 2 3 V
Riset Operasi 3 V  
Metode Numerik 3 V
Analisis Numerik 3 V
Probabilitas Terapan 3 V
Sub Jumlah 31
MKBK(86-98 sks) Algoritma dan Pemrograman 3 V
Pengantar Sistem Digital 3 V
Pengantar Kecerdasan Buatan 3 V
Struktur Data dan Algoritma 3 V
Basis Data 3 V
Sistem Informasi Manajemen 3 V
Organisasi Sistem Komputer 3 V
Perancangan dan Pemrograman Web 3 V
Desain dan Pemrograman Berorientasi Objek 3 V
Desain dan Analisis Algoritma 3 V
Rekayasa Perangkat Lunak 3 V
Sistem Operasi 3 V
Arsitektur Komputer 2 V
Analisis dan Perancangan Sistem 3 V
Manajemen Keamanan Informasi 3 V
Jaringan Komputer 3 V
Pengolahan Citra 3 V
Metodologi Penelitian 2 V
Data Mining 3 V
Sistem Informasi Geografis 3 V
Komputer Grafik 3 V
Sistem Pakar 3 V
Mobile Computing 3 V
Seminar Pra Skripsi 2 V
Skripsi 4 V
Sub Jumlah 75
MATA KULIAH PILIHAN (Minimal 11 SKS)
Cryptography & Information Security (Pilihan 5) 3 V
Komunikasi Data (Pilihan 6) 3 V
Teori Bahasa dan Automata (Pilihan 7) 2 V
Pengantar Robotika (Pilihan 1) 3 V
Sistem Ceras (Pilihan 2) 3 V
Metode Formal (Pilihan 3) 3 V
Neural Network (Pilhan 4) 3 V
Logika Fuzzy (Pilihan 8) 3 V
Sub Jumlah 11-23
MKP(14 sks) Olimpisme 1 V
Filsafat MIPA 2 V
Kewirausahaan 3 V
Etika Profesi 2 V
Praktek Kerja Lapangan 2 V
Manajemen Proyek 2 V
KKN 2 V
Sub Jumlah 14
JUMLAH 144-156